Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas di Inggris Berencana Bangun Toilet Transjender

Kompas.com - 18/10/2013, 21:43 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Salah satu universitas ternama di Inggris, Universitas Sussex tengah berencana membuat kamar mandi untuk kelompok transjender.

Toilet dengan jender netral awalnya diusulkan oleh serikat mahasiswa universitas itu sebagai upaya agar semua mahasiswa merasa dirinya diterima di lembaga pendidikan tersebut.

Namun, sejumlah mahasiswa menilai membuat toilet dengan jender netral adalah ide "bodoh" dan mengatakan komite mahasiswa harus membicarakan masalah ini lebih lanjut.

"Ini merupakan sebuah ide yang menggembirakan. Kami ingin meruntuhkan penghalang dan membuat universitas ini menjadi tempat yang lebih ramah dan terbuka bagi semua orang," kata juru bicara serikat mahasiswa Universitas Sussex, Imogen Adie.

Adie melanjutkan, para mahasiswa ingin menunjukkan bahwa Universitas Sussex adalah sebuah komunitas terbuka untuk setiap orang.

"Kami kini sedang berupaya membentuk kebijakan untuk mahasiswa transjender dan kami butuh bantuan semua pihak," kata Adie.

Salah satu yang diupayakan serikat mahasiswa adalah toilet dengan jender netral, tidak hanya pria dan wanita seperti yang biasa didapati selama ini.

"Kami ingin universitas menyediakan toilet berjender netral lebih banyak sehingga semua mahasiswa merasa nyaman dan aman di dalam kampus ini," tambah Adie.

Namun, tak semua mahasiswa mendukung ide serikat mahasiswa yang memang cukup unik ini.

"Itu ide bodoh. Apakah serikat mahasiswa tak memiliki hal yang lebih baik untuk dibahas?" kata seorang mahasiswa tahun ketiga.

Demi menjaring dukungan, serikat mahasiswa juga menyampaikan ide mereka ini lewat jejaring sosial Facebook. Dan ide ini ternyata didengarkan pengelola universitas.

"Ide ini datang dari serikat mahasiswa dan pihak universitas akan membahasnya," kata seorang juru bicara Universitas Sussex.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com