Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisasi Miss Universe Minta Maaf Terkait Insiden Taj Mahal

Kompas.com - 11/10/2013, 15:42 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Penyelenggara Miss Universe, Jumat (11/10/2013), menyatakan "permintaan maaf sedalam-dalamnya" kepada Pemerintah India terkait insiden pemotretan di Taj Mahal yang memicu gugatan hukum dan tuduhan pelecehan terhadap monumen tersebut.

Kasus itu berawal saat Olivia Culpo (21), Miss Universe asal Amerika Serikat, mengunjungi Taj Mahal pada Minggu (6/10/2013) dalam rangkaian kunjungannya ke India selama 10 hari.

Saat berada di situs warisan dunia itu, Olivia Culpo berpose dengan mengenakan sebuah sepatu hak tinggi dari merek ternama dan duduk di kursi Diana, sebuah kursi marmer yang digunakan mendiang Putri Diana saat berkunjung ke Taj Mahal pada 1992.

Polisi India bertindak karena menanggapi laporan dari pengurus Taj Mahal. Terlebih lagi, segala jenis iklan dan promosi dilarang di dalam kompleks Taj Mahal.

"Organisasi Miss Universe menyampaikan permintaan maaf kepada rakyat India terkait insiden yang melibatkan Miss Universe," demikian pernyataan resmi organisasi Miss Universe.

Organisasi Miss Universe menjelaskan, di Taj Mahal, Olivia Culpo sebenarnya tengah melakukan pengambilan gambar video diary untuk para penggemarnya.

"Sebagai bagian dari video itu, kami biasanya memasukkan sponsor di dalam beberapa adegan," tambah organisasi itu sambil menambahkan pengambilan gambar itu bukan untuk tujuan komersial.

"Dengan tulus, kami meminta maaf untuk semua kesalahan yang telah kami lakukan," tambah organisasi.

Selain, Miss Universe Olivia Culpo, seorang perancang busana kelahiran India, Sanjana Jon, yang mendampingi Miss Universe di Taj Mahal, juga dikenai gugatan serupa, yaitu melecehkan monumen kuno dan situs arkeologi.

Jika gugatan ini diterima pengadilan dan terbukti benar, maka Olivia Culpo dan Sanjana Jon kemungkinan besar akan menerima hukuman denda.

Taj Mahal, yang dikunjungi jutaan orang setiap tahun, dibangun Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai pusara bagi istri tercintanya, Mumtaz Mahal, yang meninggal dunia saat melahirkan pada 1631.

Sejumlah aturan diterapkan bagi pengunjung monumen cinta ini. Salah satunya, pengunjung harus melepas alas kaki. Namun, di kawasan taman, tempat Olivia Culpo melakukan pemotretan, pengunjung boleh mengenakan alas kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com