Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim PBB Dapat Informasi soal Cadangan Senjata Kimia Suriah

Kompas.com - 05/10/2013, 20:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Tim PBB yang tergabung dalam Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) mengatakan mendapat informasi soal cadangan senjata kimia Suriah. Menurut warta AP pada Sabtu (5/10/2013), pemerintah Suriah memberikan dokumen soal itu kepada tim. "Tapi, sejumlah pertanyaan memang masih muncul. Makanya, tim tetap mempelajari dokumen itu,"demikian pernyataan OPCW.

Saat ini, tim OPCW sudah berada di Damaskus untuk menggelar pemetaan ikhwal senjata kimia Suriah. "Kami berharap sudah mulai bekerja dalam minggu ke depan,"kata OPCW.

Pada tahap awal, tim OPCW memang masih harus bertemu dengan pihak otoritas Suriah. Kemudian tim membentuk grup teknik untuk pemetaan.

Sementara, hal yang tetap menjadi pertimbangan adalah verifikasi data informasi, keselamatan dan keamanan tim saat melakukan inspeksi, serta penataan taktis untuk merealisasikan rencana pemusnahan materi dan peralatan senjata kimia Suriah pada pertengahan 2014.

 

ABC Australia Ribuan pengungsi Suriah berkumpul di tepi Sungai Tigris saat hendak menyeberang ke Irak untuk menghindari kecamuk perang saudara di negeri mereka. Foto ini diambil pada Agustus 2013.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com