Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Bertandang ke Luar Negeri, PM Thailand Urutan Ketiga di Dunia

Kompas.com - 03/09/2013, 15:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra dalam dua minggu belakangan masih menjadi buah bibir. Usai tercatat sebagai pejabat terkaya di Negeri Gajah Putih versi Komisi Nasional Antikorupsi Thailand (NACC) pada Selasa (27/8/2013), istri pengusaha Anusorn Amornchat ini rupanya menjadi pemimpin dunia urutan ketiga yang paling sering bepergian ke luar negeri.

Menurut petinggi Komite Senat Urusan Luar Negeri Thailand Sen Somchai dalam rapat anggaran negara, kemarin, Yingluck paling sering melancong ke mancanegara untuk urusan tiga hal. Pertama, promosi perdagangan. Kedua, promosi ekspor. "PM Yingluck juga sering mencari proyek investasi asing bagi Thailand,"kata Somchai.

Catatan Senat Thailand menunjukkan kalau sepanjang dua tahun silam, Yingluck menghabiskan dana 300 juta baht untuk bepergian tersebut. Perempuan kelahiran 27 Juni 1967 ini, pada periode tersebut, melakukan 52 perjalanan ke 41 negara, sebagaimana warta laman Bangkok Post, hari ini.

Sen Somchai menambahkan, di urutan pertama  dan kedua, ada dua nama pemimpin AS. Pertama adalah Presiden Barack Obama. Menyusul di belakang Obama adalah mantan Presiden AS George W Bush. Walau begitu, Somchai tak memerinci jumlah duit yang dihabiskan oleh kedua orang nomor satu di Negeri Uwak Sam (US) itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com