Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Supermodel Desak Fotonya Tak Digunakan Musisi Anti-Israel

Kompas.com - 23/08/2013, 13:42 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com - Supermodel asal Israel, Bar Rafaeli meminta Roger Waters, pentolan grup musik Pink Floyd, berhenti menggunakan foto-foto dirinya dalam konsernya setelah Waters meminta para musisi untuk memboikot Israel.

Rafaeli menyampaikan permintaannya itu melalui akun Twitter-nya, setelah sebelumnya mengatakan dia merasa tersanjung karena foto-fotonya digunakan dalam berbagai karya panggung Roger Waters.

Namun, setelah Waters menyatakan menentang keberadaan Israel, Rafaeli menuntut agar dirinya tidak dihubungkan lagi dengan berbagai pertunjukan seni visual Waters.

"Roger Waters, Anda sebaiknya tidak lagi menggunakan foto saya dalam seni video ciptaan Anda. Jika anda memboikot (Israel), maka boikotlah semuanya," kicau Rafaeli dalam bahasa Ibrani.

Kicauan Rafaeli itu membalas surat terbuka Roger Waters yang dipublikasikan lewat Electronic Intifada, sebuah situs internet pro-Palestina pada Minggu (18/8/2013).

Dalam surat terbuka itu, Waters mengimbau rekan-rekannya sesama musisi agar tidak menggelar konser di Israel sebagai protes terhadap kebijakan Israel yang "apartheid" dan melakukan "pembersihan etnis".

"Saya menulik kepada Anda semua, saudara-saudara dalam keluarga Rock and Roll, untuk bergabung bersama saya dan ribuan artis lain di seluruh dunia, untuk mendeklarasikan pemboikoitan budaya terhadap Israel," tulis Waters.

Roger Waters adalah anggota aktif gerakan boikot, anti-investasi, dan sanksi yang mengkampanyekan gerakan untuk mengisolasi Israel dari dunia internasional.

Waters menyusul sejumlah artis Inggris lain seperti Annie Lennox, Evis Costello, dan penyanyi asal AS Stevie Wonder yang sudah terlebih dahulu menyuarakan pemboikotan terhadap Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com