Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Politik Uang Berperan Penting dalam Pengangkatan Dubes AS

Kompas.com - 26/07/2013, 09:01 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Para pemimpin AS, termasuk Obama, biasanya mengangkat beberapa pendukung politik dan donor terbesarnya untuk menduduki jabatan penting sebagai duta besar di luar negeri.

Presiden Amerika Barack Obama mengikuti tradisi para pemimpin Amerika baru-baru ini dengan mengangkat beberapa pendukung politik dan donor terbesarnya untuk menduduki jabatan penting sebagai duta besar di luar negeri.

Yang terbaru adalah Caroline Kennedy, putri mendiang Presiden John F Kennedy, dinominasikan sebagai Duta Besar Amerika untuk Jepang. Ia bukan penggalang dana utama untuk presiden, tetapi pendukung awal sejak Obama mencalonkan diri menjadi presiden tahun 2008. Kennedy akan menggantikan John Roos, yang selama ini menjadi penggalang dana terbesar bagi Obama.

Pengawas politik Amerika, OpenSecrets, mengatakan, Presiden Obama "tampaknya sama saja" dengan presiden-presiden lain, menunjuk donor dan penggalang dana terbesar mereka, bukan diplomat karier, sebagai utusan utama mereka.

Kelompok itu mengatakan, selama menjabat lebih dari empat tahun, Obama telah menunjuk 23 duta besar yang membantu menggalang 500.000 dollar atau lebih untuk satu atau kedua kampanye kepresidenannya.

Para donor terbesar itu sering dipilih untuk mengepalai kedutaan besar di negara-negara yang termasuk sekutu terdekat Amerika.

Presiden-presiden Amerika, yang Demokrat dan yang Republik mengangkat tokoh-tokoh penggalang dana besar, organisasi yang mewakili diplomat karier, American Foreign Service Association, mencemooh praktik itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com