Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sydney Pelopor Transportasi Sepeda

Kompas.com - 17/07/2013, 15:47 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Warga Sydney menjadi pelopor transportasi sepeda saat beraktivitas bagi seluruh rakyat Australia. Menurut data Dewan Sepeda Australia, pada tahun ini tercatat 31.600 orang bersepeda setiap seminggu sekali atau lebih. Angka ini setara 19 persen dari penduduk Sydney, tulis AP pada Rabu (17/7/2013).

Menurut Wali Kota Sydney Clover Moore, pihaknya memperluas jaringan bersepeda untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. "Pemerintah juga memberikan penekanan kepada warga masyarakat untuk lebih memanfaatkan transportasi umum," imbuhnya.

Moore mengatakan, rata-rata ada 100 pengguna sepeda di tiap perempatan jalan di Sydney. "Angka ini menunjukkan jumlah perjalanan bersepeda meningkat dua kali lipat dalam tiga tahun terakhir," tuturnya.

Lebih lanjut, menurut Moore, jumlah pengguna sepeda kala beraktivitas bakal makin meningkat kalau ada dukungan lebih banyak. "Makanya, kami meningkatkan jaringan ini," ujarnya.

Riset juga menunjukkan kalau jumlah perempuan berusia 30-49 tahun pengguna sepeda meningkat sejak 2011. "Peningkatan ini yang paling menjulang ketimbang pengguna sepeda berusia 50 tahun," demikian Clover Moore.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com