Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrokan di Kairo Sepanjang Senin Malam Tewaskan 7 Orang

Kompas.com - 16/07/2013, 18:48 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Tujuh orang tewas dan 261 orang lainnya terluka di Kairo saat pendukung Muhammad Mursi dan polisi terlibat bentrok sepanjang Senin (15/7/2013) malam. Demikian Pemerintah Mesir menjelaskan, Selasa (16/7/2013).

Dalam bentrokan itu, empat orang polisi terluka dan harus dirawat di rumah sakit. Sementara itu, polisi menahan sedikitnya 401 orang terkait bentrokan berdarah itu.

Dua orang tewas dalam bentrokan antara polisi, kelompok anti-Mursi, dan pendukung Mursi di sebuah jembatan di pusat kota Kairo. Bentrokan pecah setelah pendukung Mursi memblokade jembatan yang melintasi Sungai Nil itu.

Sementara itu, lima orang lainnya tewas dalam bentrokan di distrik Giza. Demikian keterangan Kepala Badan Urusan Darurat, Mohamed Sultan.

Sejak kerusuhan pecah di Mesir pasca-tergulingnya Muhammad Mursi, sudah 92 nyawa melayang, termasuk 51 orang yang tewas di depan markas besar pasukan elite Garda Republik.

Penggulingan Mursi telah membawa Mesir ke dalam perpecahan. Ribuan pendukung Mursi masih menduduki sebuah lapangan di kota Kairo dan tetap menuntut agar jabatan presiden pertama hasil pemilihan umum demokratis itu dikembalikan.

Sementara itu, militer Mesir menahan Muhammad Mursi di sebuah tempat yang dirahasiakan.

Sejauh ini, pemerintah tidak mendakwa Mursi atas tindakan kriminal tertentu. Namun, dia diperiksa terkait dugaan memicu kekerasan, kegiatan mata-mata, dan menghancurkan perekonomian Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com