Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Tiket Gratis untuk Carla Bruni, Air France Dikecam

Kompas.com - 03/07/2013, 23:56 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Serikat pekerja yang mewakili para pekerja maskapai penerbangan Perancis, Air France, Rabu (3/7/2013), mengkritik kebijakan maskapai itu yang memberikan tiket penerbangan gratis Paris-New York untuk Carla Bruni di tengah pemangkasan pegawai di maskapai yang merugi itu.

Carla Bruni, mantan model dan penyanyi itu, adalah istri Nicolas Sarkozy, mantan Presiden Perancis. Carla terbang ke New York pada 23 Juni untuk mempromosikan album terbarunya.

Sesuai tradisi lama Perancis, para mantan Presiden Perancis dan keluarganya bisa menggunakan Air France tanpa dipungut biaya.

Namun, para aktivis buruh mengatakan sudah tiba saatnya untuk mengubah kebijakan itu di saat maskapai tersebut mengalami kerugian signifikan dan sudah mengumumkan segera melakukan pemangkasan jumlah karyawan.

"Keputusan memberi tiket gratis itu menjadi sangat buruk karena karyawan diminta untuk meyakini bahwa perusahaan tengah dalam kondisi terpuruk," kata Leon Cremieux dari serikat pekerja SUD.

"Kita tak lagi hidup di zaman monarki," lanjut Leon.

Seorang juru bicara Air France mengatakan, penerbangan gratis untuk keluarga mantan presiden sudah merupakan tradisi.

Seperti dilakukan di banyak negara, mantan Kepala Negara Perancis dan keluarganya masih mendapatkan perlindungan dan fasilitas dari negara meski sudah tidak lagi menjabat.

Di Perancis, keuntungan yang diperoleh seorang mantan presiden antara lain penerbangan gratis menggunakan Air France, perjalanan gratis menggunakan kereta api, dan sebuah mobil dengan dua orang sopir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com