Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Baru, 2 Waria Ini Maju Jadi Calon Senator dan Anggota DPR di AS

Kompas.com - 30/06/2016, 09:00 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Dua waria telah terpilih dalam pemilihan awal di Utah dan Colorado, Amerika Serikat, untuk maju dalam pemilihan anggota Kongres di Amerika Serikat, pada November 2016 mendatang. 

Kandidat dari Partai Demokrat Misty Snow dan Misty Plowright akan mencatat sejarah baru jika mereka bisa terpilih. 

Snow yang berusia 30, adalah seorang petugas administrasi di sebuah toko di Utah.

Dia maju sebagai kandidat bersama waria lainnya, Plowright (33). Plowright adalah seorang veteran militer asal Colorado, yang juga mantan karyawan Microsoft. Plowright maju sebagai calon anggota DPR.

Snow tercatat sebagai waria pertama yang maju dari partai utama di AS yang maju menjadi kandidat anggota Senator.

Jika dia terpilih, tak hanya menjadi waria pertama, Snow pun akan menjadi senator termuda di dalam lembaga itu. 

"Ketika saya bersaing dengan kondisi saya sebagai kaum transjender, pengalaman saya sebagai waria telah menumpuhkan sikap empati dalam diri saya," kata Snow.

"Saya mengerti bagaimana kelompok waria berjuang dan bertahan, di tengah perasaan bahwa mimpi-mimpi kami di sini seperti jauh untuk diraih," ungkap dia lagi.

"Saya maju untuk membuka akses bagi mereka yang selama ini tak bisa bersuara," tulis Snow dalam pernyataannya, seperti dikutip dari AFP.

Kedua waria akan bersaing memperebutkan suara terbanyak melawan kandidat dari Partai Republik, yang keduanya adalah petahana. 

Plowright bukan waria pertama yang maju menjadi calon anggota DPR.  Almarhum Karen Kerin, dari Vermont, pernah maju dalam persaingan yang sama di tahun 2000 silam, namun dia dikalahkan oleh Senator Republiken Bernie Sanders.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com