Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/12/2019, 21:15 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.comIndonesia dan Australia sepakat untuk saling menghormati integritas wilayah. Kesepakatan itu merupakan hasil pertemuan Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan RI-Australia.

Pertemuan yang juga menghasilkan komitmen untuk meningkatkan kerja sama setara dan saling menghormati itu dilakukan di Bali Nusa Dua Convention Center, Jumat (6/12/2019).

Indonesia dan Australia memang mitra strategis dan merupakan Negara demokrasi terbesar di kawasan Asia-Pasifik.

Oleh karena itu, Indonesia dan Australia sepakat terus bekerja sama untuk menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan Asia-Pasifik.

Berbagai kesepakatan Indonesia-Australia

Selain sepakat saling menghormati integritas wilayah, pertemuan tersebut juga menghasilkan kesepakatan lain, salah satunya memperkuat kerja sama di Pasifik.

Kerja sama itu terutama di bidang perubahan iklim, pemberdayaan ekonomi, dan pemberdayaan perempuan.

Langkah nyata upaya mendorong kerja sama ekonomi diwujudkan dengan kedua Negara yang sama-sama telah memperbarui proses dalam ratifikasi terhadap Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Australia pun mengapresiasi kepemimpinan dan inisiatif Indonesia pada Asean Outlook on Indo-Pacific.

Baca juga: Kemenlu Gandeng Mitra Tanah Air Tingkatkan Kapasitas SDM dan UKM

Terkait hal itu, Indonesia mengundang Australia untuk hadir pada Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum yang akan digelar di Jakarta pertengahan 2020 nanti.

Australia juga mendapat undangan dari Indonesia untuk menghadiri konferensi internasional tentang digital diplomacy yang akan digelar di tahun yang sama.

Gelaran tersebut merupakan kelanjutan Regional Conference on Digital Diplomacy di Jakarta, September 2019 lalu.

Masih belum selesai, Indonesia-Australia turut menyepakati kerja sama di bidang penanggulangan terorisme, keamanan siber.

Kedua Negara juga bekerja sama dalam konteks perempuan, kedamaian, dan keamanan. Kedua Negara pun menjajaki digelarnya Co-Deployment of Peace Keeping Operations.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com