Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2019, 22:22 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang ahli bela diri Wing Chun dilaporkan roboh (KO) hanya dalam waktu 72 detik saat menantang petarung MMA.

Ding Hao menjadi perbincangan setelah sebelumnya juga dikalahkan oleh petarung MMA lain bernama Xu Xiaodong pada tahun lalu.

Baca juga: [POPULER INTERNASIONAL] Ahli Wing Chun Dihajar Petarung MMA dalam 6 Detik | Pembunuh Berantai Meninggal

Dilaporkan South China Morning Post Senin (21/10/2019), sang pakar wing chun jatuh beberapa kali sebelum wasit menghentikan dalam beberapa menit.

Ding berkilah kekalahannya terjadi karena penyelenggara acara tak memberikannya cukup makan nasi sebelum pertarungannya digelar.

Selain itu, dia meyebut para hakim tidak adil karena mereka tak menganggap pertarungannya imbang. Jadi, dia memutuskan menantang petarung MMA lagi.

Kali ini, lawannya bernama A Hu yang secara bobot lebih rendah 12 kilogram darinya, dan Ding juga unggul dalam tinggi badan.

Meski begitu, laga yang dihelat pada pekan ini nyatanya tetap tidak mudah bagi Ding. Dia KO setelah menerima pukulan bertubi-tubi.

Awalnya, Ding melancarkan serangan dan mencoba memojokkan A Hu menggunakan teknik tangkapan. Namun dia malah menerima diserang balik.

A Hu melancarkan tendangan lutut ala Muay Thai ke arah Ding, menyebabkan usahanya dalam menghentikan pergerakan sang patarung MMA sia-sia.

Pada tahap ini, Ding tidak lagi menggunakan teknik Wing Chun. Dia hanya berusaha menahan rangkaian tendangan dan pukulan A Hu.

Serangan bertubi-tubi yang dilakukan A Hu nampaknya membuat pertahanan Ding lemah, dengan puncaknya dia terkena tendangan samping.

Tendangan itu tak pelak menghantam wajah bagian kiri Ding, dan membuatnya tersungkur di menit 1:48 di ronde pertama, atau 72 detik.

Kekalahan memalukan itu menjadi perbincangan netizen di YouTube. "Si pria Wing Chun ini terlalu banyak menonton Ip Man. Berpikir dia bisa melakukan kung fu di dunia nyata," kata seorang netizen.

"Seharusnya tidak perlu melewatkan lagi makan siang," seloroh warganet lainnya. Menariknya, pelatih Ding menyatakan dia ingin melihat anak asuhnya naik ring lagi.

Baca juga: Tantang Petarung MMA, Ahli Wing Chun Ini Roboh dalam 6 Detik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com