Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2019, 14:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Sebuah bar di Tokyo, Jepang, menjadi perbincangan setelah hanya mengizinkan pengunjung yang datang sendiri.

Hitori, bar kecil di kawasan Shinjuku, mempunyai satu peraturan. Setiap pengunjung diperbolehkan masuk selama mereka datang sendiri.

Baca juga: Digigit Hiu, Pria Ini Malah Pergi ke Bar dan Minum-minum

Dilansir Oditty Central pekan lalu, manajemen sudah menegaskannya melalui tanda yang dipasang di pintu masuk "bar ini hanya untuk satu orang".

Meski hanya memperbolehkan satu orang, bar itu disebut tidak diperuntukkan bagi mereka yang penyendiri atau kurang bersosialisasi.

Jurnalis media Jepang SoraNews24, Mariko, yang mengunjungi bar itu menceritakan bagaimana Hitori jauh dari kesan tempat eksklusif.

Alih-alih saling mengabaikan, para pengunjung justru terlibat dalam percakapan. Dia mengaku bingung dan tak tahu harus berbuat apa.

Untungnya, bartender yang juga adalah salah satu pemilik Hitori kemudian dengan ramah bertanya apakah dia baru pertama kali datang.

Si pemilik juga menanyakan bagaimana dia tahu tentang bar tersebut, yang kemudian dia jawab. Tak lama, pengunjung lain ikut terlibat.

Mulailah suasana berlangsung cair. Kondisi itu, kata si pemilik, memang sudah didesain demikian sejak Hitori dibuka pada tahun lalu.

Menurut si pemilik yang tak diberitakan identitasnya, dia ingin supaya bar yang dia kelola memberikan kesempatan bertemu orang baru.

"Ketika Anda di sini, tentu ada rasa campur aduk bagaimana Anda bersikap. Namun setelah itu, Anda bakal mengobrol dengan banyak orang," ujarnya.

Di bar lain, dia menceritakan bagaimana orang akan memandangnya negatif jika berusaha berbicara dengan seseorang yang baru ditemui.

"Di sini, kami berinteraksi secara alami satu dengan yang lainnya. Jadi begitu menyenangkan dan suasana ramah tercipta," ujar pemilik bar.

Baca juga: Rafael Nadal Pesan Kapal Pesiar Custom dengan Kolam Spa dan Bar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com