Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tayangkan Balap Sepeda La Vuelta, TV Tak Sengaja Rekam Kebun Ganja

Kompas.com - 05/09/2019, 13:56 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Sebuah stasiun TV di Catalonia, Spanyol, tak sengaja merekam adanya kebun ganja di atap gedung ketika tengah menayangkan salah satu etape balap sepeda La Vuelta.

Polisi mengumumkan mereka menyita setidaknya 40 tanaman itu di Igualada, dekat Barcelona, setelah para penonton La Vuelta mengunggahnya di media sosial.

Baca juga: AF Edarkan Ganja kepada Kalangan Pelajar di Jakarta Selatan Sejak 2015

Juru bicara polisi Mossos d'Esquadra kepada Reuters dikutip Sky News Rabu (4/9/2019) mengatakan, mereka masih menyelidiki dengan belum ada pelaku yang ditahan.

Garda Sipil Spanyol merilis gambar udara yang memperlihatkan kebun ganja itu di dua atap berbeda ketika para pebalap sudah mendekati finis di etape kedelapan.

Awalnya, penyelenggarap balap sepeda hanya membagikan tayangan TV kilas balik etape di akun media sosial mereka. Namun, ada netizen yang jeli melihat benda tak lazim itu.

Menumbuhkan ganja untuk konsumsi pribadi memang bukanlah perbuatan kriminal di Spanyol. Namun, membeli atau menjualnya kepada pihak lain masih terancam dipidana.

Sementara The Guardian dikutip ABC memberitakan polisi masih menyelidiki siapa si empunya kebun. Karena teras itu diketahui tidak terhubung ke apartemen di bawahnya.

La Vuelta, dikenal juga sebagai Vuelta a Espana, merupakan salah satu kalender balap sepeda bergengsi dunia yang diadakan setiap Agustus hingga September.

Digelar sejak 1935, balap sepeda itu sejajar popularitasnya dengan Giro d'Italia (Italia) dan Tour de France (Perancis) dan sudah memasuki edisi ke-73.

Adapun etape delapan yang digelar 31 Agustus merupakan etape menurun yang dihelat di Valls ke Igualada, dan menempuh jarak sekitar 166,9 kilometer.

Adapun penguasa klasemen hingga etape ke-11 dilaksanakan adalah cyclist 29 tahun asal Slovenia, Primoz Roglic, yang memperkuat tim Jumbo-Visma.

Baca juga: Polisi Tangkap Pengedar Narkoba serta Amankan 1 Kilogram Ganja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com