Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pistol "Pembunuh" Vincent van Gogh Terjual Rp 2,6 Miliar dalam Lelang

Kompas.com - 20/06/2019, 14:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Sebuah pistol yang diyakini digunakan pelukis terkenal Vincent van Gogh untuk menembak dirinya sendiri telah terjual dalam lelang.

Pistol jenis revolver Lefaucheux 7 milimeter yang telah berkarat tersebut terjual dengan nilai 162.500 euro atau sekitar Rp 2,6 miliar dalam lelang yang diadakan di Paris, Rabu (19/6/2019).

Pistol yang disebut sebagai "senjata paling terkenal dalam sejarah seni" itu dibeli oleh seorang kolektor pribadi melalui penawaran telepon.

Vincent van Gogh, seorang pelukis asal Belanda yang terkenal dengan gaya lukisan post-impressionist itu, dipercaya para ahli telah bunuh diri menggunakan pistol di sebuah lapangan dekat Auvers-sur-Oise, desa di utara Paris, tempatnya menghabiskan beberapa bulan terakhir dalam hidupnya, pada Juli 1890.

Baca juga: Lukisan Van Gogh Dipajang di Atas Kanvas Vans

Pistol tersebut ditemukan oleh seorang petani pada 1965 di lapangan yang sama dan setelahnya sempat dipamerkan di Museum Van Gogh di Amsterdam.

Pelelangan pistol tersebut sempat menuai kritikan dari Van Gogh Institute, yang menganggap penjualan itu sebagai komersialisasi tragedi karena tidak ada bukti pasti yang menunjukkan jika senjata itu benar terkait dengan kematian sang pelukis.

"Tidak ada bukti yang menunjukkan benda itu secara resmi terkait dengan kematian Van Gogh. Kami menyesalkan komersialisasi tragedi yang seharusnya menerima lebih banyak rasa hormat," tulis pernyataan institut tersebut.

Sementara rumah lelang Art Auction, yang menggelar pelelangan mengatakan, tidak ada cara yang bisa dengan pasti meyakinkan bahwa senjata itu telah digunakan Van Gogh, selain bahwa pistol itu telah terkubur dalam tanah di lokasi kematian sang pelukis selama 75 tahun sebelum ditemukan.

Seniman Belanda yang dikenal lewat salah satu karya lukisannya yang berjudul "Bunga Matahari" itu diyakini meminjam pistol dari pemilik penginapan.

Dia kemudian menembak dirinya sendiri di lapangan sebelum kembali ke penginapan dalam keadaan terluka dan meninggal 36 jam setelahnya.

Peluru yang dikeluarkan dari dada Van Gogh diketahui adalah kaliber yang sama dengan yang digunakan pistol revolver Lefaucheux yang dilelang.

Baca juga: 14 Tahun Hilang, Dua Masterpiece Van Gogh Ditemukan di Rumah Mafia Italia

Rumah lelang Art Auction menyebut petani yang menemukan senjata itu pada 1965 mengembalikannya kepada mantan pemilik penginapan di Auvers-sur-Oise. Namun anggota keluarganya menjualnya.

"Uji teknis pada senjata itu menunjukkan jika senjata itu digunakan dan setelahnya tetap berada di tanah selama periode yang bertepatan dengan tahun 1890," kata rumah lelang.

"Seluruh petunjuk ini mengarah kepada teori bahwa senjata tersebut benar adalah yang digunakan Van Gogh untuk bunuh diri," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com