Kompas.com - 17/06/2019, 12:14 WIB

KOMPAS.com - Setiap negara mempunyai bangunan atau landmark ikonik masing-masing. Jika Perancis memiliki Menara Eiffel, Amerika Serikat memiliki Patung Liberty. Patung ini berdiri kokoh setinggi 46 meter di Pelabuhan New York, Amerika Serikat.

Patung ini tak dibangun sendiri oleh masyarakat Amerika Serikat, melainkan pemberian atau hadiah dari Perancis. Dengan menggunakan kapal laut, Patung Liberty dibawa dari Perancis menuju Amerika Serikat melintasi Samudra Atlantik.

Hari ini 134 tahun yang lalu, tepatnya 17 Juni 1885, Patung Liberty akhirnya sampai di Pelabuhan New York. Kedatangan patung raksasa ini disambut begitu antusias oleh masyarakat Amerika Serikat.

Dilansir dari History, Patung Liberty diangkut dengan menggunakan kapal fregat dan terbagi menjadi 350 bagian. Berbahan dasar paduan dari tembaga dan baja, patung ini kemudian dirakit kembali.

Patung Liberty diresmikan dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Presiden AS Grover Cleveland pada 28 Oktober 1886. Patung ini menghadap ke Timur, menyapa kapal-kapal yang datang sambil juga melihat kembali ke tempat kelahirannya di Perancis.

Setelah saat itu, Patung Liberty kemudian dikenal di seluruh dunia sebagai simbol kebebasan dan demokrasi.

Baca juga: Jadi Hadiah 100 Tahun Kemerdekaan AS, Ini 7 Fakta Unik Patung Liberty

Hadiah persahabatan

Patung Liberty awalnya merupakan sebuah hadiah persahabatan dari orang-orang Perancis kepada orang-orang Amerika Serikat.

Selain itu juga memperingati aliansi Perancis-Amerika selama Revolusi Amerika dan juga untuk merayakan peringatan Deklarasi Kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Seorang pematung terkenal dari Perancis bernama Frederic Auguste Bartholdi mendapat kepercayaan untuk membangun patung ini. Dia juga mendapat bantuan dari insinyur Gustave Eiffel.

Kongres AS juga segera segera menunjuk tempat yang pantas untuk dijadikan tempat patung ini. Bartholdi kemudian membuat desain dengan sosok perempuan berjubah yang mewakili Libertas atau dewi kebebasan Romawi. Lengannya terangkat dan memegang obor.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.