Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asap Muncul dari Kokpit, Pesawat Boeing 787 United Airlines Mendarat Darurat di New Caledonia

Kompas.com - 25/03/2019, 15:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

NOUMEA, KOMPAS.com — Pesawat Boeing 787-900 milik maskapai United Airlines dilaporkan mendarat darurat di New Caledonia karena mengalami masalah teknis.

Pesawat yang mengangkut 256 penumpang itu awalnya terbang dari Melbourne, Australia, menuju Los Angeles, Amerika Serikat (AS), sebelum dialihkan ke New Caledonia.

Baca juga: United Airlines Berulah Lagi, Kali Ini Salah Kirim Anjing ke Jepang

Diwartakan AFP Senin (25/3/2019), pesawat itu mendarat dengan selamat di Bandara La Tontouta di ibu kota New Caledonia, Noumea.

Pejabat dari Kementerian Perdagangan selaku operator bandara menuturkan para penumpang turun dari pesawat dengan selamat.

"Nampaknya mereka mengalihkan penerbangan kemari setelah muncul laporan adanya asap yang muncul dari dalam kokpit," tutur pejabat tersebut.

Situs berita lokal Nouvelles-Caledoniennes memberitakan masker oksigen langsung keluar dari kabin pesawat ketika terbang ke La Tontouta.

Sementara radio lokal RRB melaporkan tidak ada korban luka dari para penumpang dan mereka bakal menginap semalam di kota yang berjarak 2.700 km di timur laut Melbourne itu.

Sebelumnya Boeing 737 MAX 8 milik maskapai Ethiopian Airlines jatuh tak lama setelah lepas landas pada 10 Maret dan menewaskan 157 orang di dalamnya.

Insiden itu terjadi setelah maskapai pesawat dengan varian sama milik Lion Air JT 610 jatuh di Karawang pada 29 Oktober 2018, menewaskan 189 orang.

Dua insiden itu membuat banyak negara maupun maskapai memilih mengandangkan varian Boeing 737 MAX 8 karena menyoroti sertifikasi keselamatan.

Baca juga: Ada Catatan Ancaman Bom di Toilet Pesawat, Ural Airlines Mendarat Darurat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com