Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Bugilnya Tersebar, Wali Kota di Perancis Mengundurkan Diri

Kompas.com - 22/03/2019, 18:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

LE HAVRE, KOMPAS.com - Seorang wali kota di kawasan barat laut Perancis mengumumkan pengunduran diri setelah ketahuan mengirim foto bugil ke seorang perempuan.

Wali Kota Le Havre Luc Lemonnier mengundurkan diri setelah perempuan yang menyebarkan foto bugil itu mengklaim sebagai korban dari perilaku tidak pantas.

Baca juga: Kirim Foto Bugil ke Napi dan Selingkuh, Oknum Polwan Dipecat

Diwartakan AFP Jumat (22/3/2019), Lemonnier menggantikan Edouard Philippe yang naik menjadi Perdana Menteri Perancis pada Mei 2017.

Lemonnier menyatakan, dia memutuskan mengundurkan diri untuk "melindungi keluarganya", dengan Kantor PM menerima pengunduran itu.

Politisi 50 tahun yang juga ayah empat anak itu membantah adanya perilaku tidak pantas. Dia berkata foto itu dikirim tanpa paksaan antar-pihak.

Lemonnier sempat mengajukan gugatan hukum dengan menganggapnya sebagai pencemaran nama baik pada Juni 2018, dengan kasusnya kemudian digugurkan jaksa penuntut.

Pengacara Lemonnier Christian Saint-Palais mengatakan anggota dewan Le Havre telah menerima foto yang diduga merupakan gambar bugil si wali kota.

Namun perempuan yang menolak identitasnya dipublikasikan itu mengaku terpaksa menyebarkan foto tersebut karena tak mempunyai pilihan lain.

"Ini adalah situasi yang sangat sulit," ucap si perempuan yang mengaku dia sudah menjalani bahtera rumah tangga selama 20 tahun.

"Hubungan pernikahan saya bahagia. Saya berusaha tidak terlibat dalam permainan rayuan yang sedang terjadi ini," lanjut perempuan tersebut.

Pengunduran diri Lemonnier merupakan tamparan bagi Partai Republik dalam upaya mereka untuk memenangkan pemilu yang bakal dihelat 2020 mendatang.

Sebelum menjadi PM di bawah kepemimpinan Presiden Emmanuel Macron, Philippe sempat menjabat sebagai wali kota sekaligus anggota dewan Le Havre.

Baca juga: Marak, Mahasiswi di China Serahkan Foto Bugil demi Pinjaman Uang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com