Kompas.com - 23/01/2019, 08:50 WIB
|

HELSINKI, KOMPAS.com - Sebuah kota di wilayah barat daya Finlandia menerapkan keputusan kontroversial yaitu jam malam untuk para siswa sekolah.

Dewan kota Laitila bersikukuh keputusan jam malam ini mendapat dukungan dari 8.000 penduduk kota itu menyusul diskusi publik selama beberapa bulan.

Lembaga penyiaran publik Yle mengabarkan, pejabat kota mengharuskan anak-anak berusia 7-13 harus berada di rumah pada pukul 19.30 di hari-hari sekolah.

Sementara para siswa yang lebih tua diizinkan berada di luar rumah hingga pukul 21.00 setiap harinya.

Baca juga: Beristri Empat, Pria Ini Terapkan Jam Malam dan Tiap Istri Dapat Rumah

Para pelajar ini mendapatkan keleluasaan pada akhir pekan karena bisa berada di luar rumah hingga pukul 20.30 dan 23.00 waktu setempat.

Kepala Dinas Pendidikan Laitila Tuomas Kankaanpaa mengatakan, jam malam itu sifatnya "informal" dan bergantung sepenuhnya pada warga kota.

Kepada harian Helsingin Sanomat, Tuomas menjelaskan, dewan kota hanya menerbitkan rekomendasi dan tidak memaksakan jam malam itu.

"Tujuan dasarnya adalah untuk mengingatkan para orangtua soal kesejahteraan anak-anak dan remaja serta untuk mempererat hubungan keluarga di malam hari," ujar Tuomas,

Dorongan untuk pemberlakukan jam malam ini datang dari Kelompok Kesejahteraan Anak dan Remaja Laitila.

Kelompok ini terdiri dari anggota dewan kota, sekolah, kepolisian, perwakilan klub pemuda, para pelajar.

Halaman:
Sumber BBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.