Kompas.com - 15/11/2018, 19:26 WIB

KOMPAS.com - Sebuah restoran bernama Piao Xing Claypot Chicken Rice di Johor Bahru, Malaysia menerapkan kebijakan baru untuk mengatasi masalah umum yang sering terjadi di restoran pada umumnya.

Adapun kebijakan itu yakni denda sebesar 10 ringgit atau setara Rp 35.000 bagi pelanggan yang membuat gaduh di restoran.

Dilansir dari Mashable, Piao Xing Claypot Chicken Rice tidak memberlakukan slogan "pelanggan selalu benar" yang sering terdengar pada umumnya.

Oleh karena itu, sebaiknya pelanggan disarankan untuk tidak membawa masalah pribadi mereka ke dalam restoran.

Hak menarik, kata-kata yang terlontar pada kebijakan tersebut bersifat sarkasme. Misalnya, saran terkait menangani pengemis.

"Memberi uang kepada pengemis bukanlah ungkapan belas kasihan melainkan memperlihatkan Anda mudah dibohongi," demikian salah satu tulisan yang ditempel di dinding restoran.

Kalimat sarkasme lain, "Orang normal berkontribusi dalam aktivitas amal. Orang idiot berkontribusi dalam peningkatan pengemis. Apakah Anda normal?".

Selain itu, denda sebesar Rp 35.000 itu juga berlaku untuk pelanggan yang arogan, bersungut-sungut, dan mudah tersinggung.

Tak heran, restoran ini menerapkan sistem harga yang berbeda, tergantung perilaku pelanggan.

"Harga dapat berubah sesuai dengan sikap pelanggan," demikian tulisan yang tertulis di dinding restoran.

Halaman:
Sumber Mashable
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.