Salin Artikel

Restoran di Malaysia Terapkan Denda kepada Pelanggan yang Gaduh

KOMPAS.com - Sebuah restoran bernama Piao Xing Claypot Chicken Rice di Johor Bahru, Malaysia menerapkan kebijakan baru untuk mengatasi masalah umum yang sering terjadi di restoran pada umumnya.

Adapun kebijakan itu yakni denda sebesar 10 ringgit atau setara Rp 35.000 bagi pelanggan yang membuat gaduh di restoran.

Dilansir dari Mashable, Piao Xing Claypot Chicken Rice tidak memberlakukan slogan "pelanggan selalu benar" yang sering terdengar pada umumnya.

Oleh karena itu, sebaiknya pelanggan disarankan untuk tidak membawa masalah pribadi mereka ke dalam restoran.

Hak menarik, kata-kata yang terlontar pada kebijakan tersebut bersifat sarkasme. Misalnya, saran terkait menangani pengemis.

"Memberi uang kepada pengemis bukanlah ungkapan belas kasihan melainkan memperlihatkan Anda mudah dibohongi," demikian salah satu tulisan yang ditempel di dinding restoran.

Kalimat sarkasme lain, "Orang normal berkontribusi dalam aktivitas amal. Orang idiot berkontribusi dalam peningkatan pengemis. Apakah Anda normal?".

Selain itu, denda sebesar Rp 35.000 itu juga berlaku untuk pelanggan yang arogan, bersungut-sungut, dan mudah tersinggung.

Tak heran, restoran ini menerapkan sistem harga yang berbeda, tergantung perilaku pelanggan.

"Harga dapat berubah sesuai dengan sikap pelanggan," demikian tulisan yang tertulis di dinding restoran.

Karena memiliki kebijakan yang unik, seorang blogger bernama Jonathan Teoh membagikan beberapa foto yang menampilkan tulisan sarkasme yang ditempel restoran tersebut melalui akun Facebook pada Sabtu (10/11/2018).

Unggahan Teoh ini juga direspons oleh beberapa pengguna Facebook lainnya.

Dalam unggahan itu, salah satu pengguna berkomentar yang menyarankan restoran memberlakukan denda 1.000 ringgit atau sekitar Rp 3,5 juta bagi pelanggan yang datang membawa hewan peliharaan.

Menurut dia, membawa hewan peliharaan ke dalam restoran membuat situasi tempat makan menjadi kurang higienis.

Selain itu, ada juga pengguna yang mendukung adanya kebijakan yang diberlakukan pada restoran Piao Xing Claypot Chicken Rice.

Ada juga salah satu, pengguna Facebook yang berkomentar agar pelanggan yang berkelakuan baik bisa mendapatkan roti kering.

Unggahan Teoh ini telah dibagikan sebanyak 6.000 kali dan disukai lebih dari 2.000 akun.

https://internasional.kompas.com/read/2018/11/15/19265051/restoran-di-malaysia-terapkan-denda-kepada-pelanggan-yang-gaduh

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke