Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2018, 23:04 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SANTA BARBARA, KOMPAS.com - Seorang remaja pria asal California menuai pujian atas tindakannya mengembalikan sebuah dompet berisi uang 10.000 dolar AS (sekitar Rp 148 juta) yang ditemukannya.

Rhami Zeini, yang baru berusia 16 tahun, sedang dalam perjalanan pulang dari sekolahnya di Santa Barbara saat dia menemukan sebuah dompet hitam tergeletak di tengah jalan.

Dia memungut dompet tersebut dan terkejut saat melihat di dalamnya terdapat uang sebanyak 10.000 dolar.

Namun alih-alih menyimpan untuk dirinya sendiri, Zeini membawa dompet itu kepada orangtuanya yang kemudian memutuskan membawanya ke kantor polisi.

Melansir dari Daily Mirror, Kantor Sheriff Santa Barbara County memuji tindakan remaja itu dan mengunggah kisahnya ke laman Facebook mereka.

Baca juga: Mencuri Dompet di Balai Kota, Seorang Pria Diamankan Polisi

"Di saat dunia dibombardir dengan berita buruk, kami dengan bangga berbagi kisah kebaikan kepada Anda."

"Seorang remaja 16 tahun, Rhami Zeini sedang dalam perjalanan pulang dari sekolah saat dia menemukan sebuah dompet di jalanan di dekat Turnpike dan Cathedral Oaks."

"Saat melihat isinya dia menemukan sejumlah besar uang. Dia mencoba mencari nomor kontak untuk menghubungi pemilik uang itu namun tidak menemukannya."

"Dia mengajak orangtuanya ke kantor sheriff dan menyerahkan dompet berisi yang 10.000 dolar di dalamnya," tulis pihak polisi di Facebook.

Petugas Humas Kantor Sheriff Santa Barbara, Kelly Hoover menyampaikan pada stasiun berita lokal bahwa pemilik uang itu kehilangannya saat dalam perjalanan.

Diyakini dia lupa menaruh dompet itu di atap mobil kemudian berkendara sehingga dompet itu terjatuh di tengah jalan.

Polisi telah berhasil menemukan pemilik dompet dan menyerahkan dompet itu. Sebagai ucapan terima kasih dia memberikan selembar uang 100 dolar (sekitar 1,4 juta) untuk Zeini sebagai ucapan terima kasih.

Namun pengguna media sosial justru mengkritik pemilik uang yang dianggap terlalu pelit dalam memberikan tanda terima kasih.

Tapi bagi Zeini hal itu tidak terlalu dipermasalahkannya karena dia merasa telah bertindak benar dengan mengembalikan dompet tersebut.

"Bagi saya, ini adalah hal yang benar untuk dilakukan. Jika saya berada di posisi pemilik dompet tentu saya akan sangat kehilangan dan mengharapkan uang itu kembali," ujarnya kepada KCOY-TV.

Baca juga: Kembalikan Dompet Chris Hemsworth, Remaja AS Dapat Hadiah Rp 130 Juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com