Kompas.com - 20/08/2018, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Dia dikenal sebagai progammer komputer paling awal di dunia, Ada Lovelace dikenal atas karya matematikanya ketika bekerja sama dengan Bapak Komputer Dunia Charles Babbage.

Meski cemerlang di bidang matematika dan sains, gadis muda itu juga memendam cinta pada puisi. Dia kerap menggunakan puisi untuk memverifikasi keraguannnya dalam matematika.

Kontribusinya dalam bidang ilmu komputer belum diketahui sampai akhirnya catatannya ditemukan pada 1950-an.

Kehidupan awal

Ada Lovelace lahir dengan nama Augusta Ada Byron di London pada 10 Desember 1815. Dia merupakan satu-satunya anak dari penyair terkenal Lord George Gordon Byron.

Pernikahan Byron dengan ibu Ada, Lady Anne Isabella Milbanke Byron, tidak berlangsung bahagia. Mereka berpisah dua bulan setelah putri mereka lahir ke dunia.

Byron meninggalkan Inggris dan sejak itu, Ada tak pernah lagi melihat ayahnya.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Elvis Presley, King of Rock n Roll

Sang ayah diketahui meninggal di Yunani, saat Ada berusia 8 tahun. Kemudian Ada membentuk ikatan erat dengan neneknya, Judith, ketimbang dengan ibunya sendiri. 

Ada Lovelace ketika berusia 17 tahun. (The Lovelace-Byron Collection via Wikipedia) Ada Lovelace ketika berusia 17 tahun. (The Lovelace-Byron Collection via Wikipedia)
Setelah menderita campak pada 1829 dan terbaring di tempat tidur selama dua tahun, gadis itu dapat bergerak dengan menggunakan kruk.

Dia menjadi seorang murid yang cerdas. Minat terbesarnya adalah pada bidang matematika dan sains.

Namun, pikiran imajinatifnya dikekang oleh sang ibu, yang ingin agar putrinya tidak menumbuhkan ketertarikan terhadap puisi seperti ayah Ada.

Sejak awal, Ada menunjukkan bakat dalam angka dan bahasa.

Dia menerima pengajaran dari seorang reformis sosial William Frend, dokter keluarga William King, dan astronom sekaligus ahli matematika asal Skotlandia Mary Somerville.

Bertemu "Bapak Komputer"

Sekitar usia 17 tahun, Ada bertemu dengan seorang matematikawan dan penemu bernama Charles Babbage.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.