Kompas.com - 26/06/2018, 16:31 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Angkatan Udara Israel mengumumkan tiga jet tempur F-35 baru yang mereka pesan telah mendarat di pangkalan militer.

Diwartakan Times of Israel Senin (25/6/2018), jet tempur yang dikenal dengan nama Ibrani Adir, berarti Yang Terkuat, itu mendarat di Pangkalan Nevatim.

AU Israel (IAF) menyebut jet tempur siluman generasi kelima itu mendarat di pangkalan yang terletak di selatan Israel itu Minggu siang (24/6/2018) waktu setempat.

Baca juga: Israel Gunakan Jet Tempur Termahal AS F-35 dalam Operasi Sungguhan

Dengan kedatangan tiga F-35, IAF melansir total Israel memiliki 12 pesawat dan telah membentuk Skuadron Golden Eagle.

"Dalam waktu dekat, jet tempur F-35 tersebut bakal berpartisipasi dalam kegiatan operasional angkatan udara," kata IAF dalam pernyataan resmi.

Israel mulai menerima F-35 dari Amerika Serikat (AS) sejak Desember 2016 dari total 50 unit yang sudah disepakati.

Untuk mendapatkan 50 unit tersebut, Israel harus menggelontorkan 7,2 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 101,7 triliun.

Pada 22 Mei lalu, Komandan IAF Mayjen Amikam Norkin mengklaim Israel adalah negara pertama yang menggunakan F-35 dalam operasi sungguhan.

Norkin menunjukkan sebuah gambar yang memperlihatkan F-35 di Beirut, Lebanon, dan menyatakan pesawat itu sudah melakukan serangan di dua tempat berbeda.

"F-35 bukanlah mainan. Pesawat ini adalah pengubah keadaan Nantinya, kami berencana menambah pembelian kami menjadi 75 unit," kata Norkin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.