Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Tunai 5 Juta Dolar AS Dicuri dari Pesawat Milik Lufthansa

Kompas.com - 06/03/2018, 15:33 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Gulf News

SAO PAULO, KOMPAS.com - Sekelompok pencuri menggondol uang tunai 5 juta dolar AS atau sekitar Rp 69 juta dari dalam sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Jerman, Lufthansa.

Uang yang berada di dalam wadah berukuran besar seharusnya terbang dari Brasil menuju ke Swiss. Demikian keterangan polisi, Senin (5/3/2018).

Perampokan yang mencengangkan itu terjadi pada Minggu (4/3/2018) malam dan hanya berlangsung selama beberapa menit di sebuah bandara dekat kota Sao Paulo, Brasil.

Para pencuri memasuki terminal kargo di bandara internasional Viracopos dengan menggunakan sebuah mobil pikap.

Baca juga : Aksi Mogok Pilot Berlanjut, Lufthansa Batalkan 4.461 Penerbangan

"Mereka menempelkan stiker di mobil itu sehingga disangka sebagai petugas keamanan bandara," demikian polisi federal Brasil.

Pesawat milik Lufthansa itu sebelumnya terbang dari bandara Guarulhos, Sao Paulo dan mampir di Viracopos, terminal peti kemas terbesar di Brasil, sebelum terbang ke Zurich, Swiss.

Harian Folha de Sao Paulo mengabarkan, uang tunai yang dirampok itu berada di bawah pengawasan perusahaan jasa keamanan dan pengangkutan Brinks.

Harian itu menambahkan, para pencuri mengancam para petugas keamanan Brinks sebelum membawa kabur uang tersebut dalam aksi yang hanya berlangsung kurang dari enam menit.

Pencurian kargo kini sedang meninkat di Brasil. Para penjahat biasanya mengincar truk-truk pengangkut barang terutama di sekitar kota Rio de Janeiro.

Baca juga : Dampak Mogok Pilot, 2.618 Penerbangan Lufthansa Batal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com