Kompas.com - 01/02/2018, 23:49 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

VILNIUS, KOMPAS.com - Otoritas Lithuania, Kamis (1/2/2018) melaporkan telah menahan tiga orang pria warga negara Baltik. Mereka dituduh sebagai mata-mata Rusia.

Dilansir AFP, ketiga orang tersebut telah diduga melakukan kegiatan spionasi untuk Rusia dan telah ditahan pada bulan Desember 2017 lalu. Saat ini ketiganya tengah menanti persidangan untuk dua kasus terpisah.

Penangkapan ketiganya setelah didapat informasi yang berasal dari intelijen militer Lithuania.

Baca juga: Kunjungan Bersejarah Presiden Lithuania ke Indonesia...

"Mereka berperan dalam kegiatan organisasi intelijen Federasi Rusia," kata Kepala Polisi Kriminal Lithuania Rolandas Kiskis kepada wartawan.

Pria pertama yang ditahan setelah diperiksa bekerja di angkatan udara Lithuania. Sementara seorang rekannya merupakan warga Lithuania yang memiliki izin tinggal Rusia.

Sedangkan tersangka ketiga dituduh sebagai penyedia informasi tentang angkatan laut Lithuania yang diberikan kepada Rusia.

Disampaikan Kepala Intelijen Militer Kolonel Remigijus Baltrenas, ketiga pria yang ditahan disebut tidak memiliki akses terhadap informasi rahasia.

Lithuania telah menjadi salah satu negara pengkritik paling vokal atas intervensi Rusia di Ukraina dan menyerukan peningkatan kehadiran militer NATO di Eropa timur untuk mencegah pengaruh Rusia.

Negara-negara Uni Eropa telah menghukum lima orang yang terbukti telah menjadi mata-mata yang bekerja untuk Rusia dan sekutunya Belarus sejak 2012.

Baca juga: Takut Diserang Rusia, Lithuania Bangun Kota untuk Lokasi Latihan Perang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.