Kompas.com - 23/01/2018, 22:18 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

TEL AVIV, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Israel saat ini tengah mengupayakan pemangkasan anggaran untuk misi luar negerinya. Salah satunya dengan menutup kantor kedutaan besar di sejumlah negara.

Sebuah komite di kementerian saat ini tengah mempertimbangkan kedubes di negara mana yang akan ditutup. Hasilnya diharapkan sudah akan direkomendasikan pada akhir bulan.

Times of Israel menyebut kedutaan yang dipertimbangkan akan ditutup yakni di Atlanta, Irlandia, Belarus, Eritrea, Republik Dominika, Bengaluru (India) dan Latvia atau Lituania.

Selain untuk memangkas anggaran, Israel diduga tengah mempertimbangkan prioritasnya di kancah dunia.

Baca juga: Yordania Umumkan Buka Kembali Kedubes Israel

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu disebut lebih mempertimbangkan untuk melakukan hubungan diplomatik dengan negara-negara Afrika.

Hal tersebut turut dipicu hasil voting dalam sidang Majelis Umum PBB beberapa waktu lalu, di mana banyak negara yang memilih menentang pengakuan sepihak AS atas Yerusalem sebagai ibu kota negara mereka.

Dikutip dari Middle East Monitor, pemerintah Israel dimungkinkan akan menutup kantor misi diplomatik mereka di tujuh negara dalam tiga tahun ke depan.

Dilaporkan Jerusalem Post, tiga kedubes disebut akan ditutup pada tahun ini, kemudian dua kedubes setiap tahun dalam dua tahun berikutnya.

Sementara Netanyahu, disebut telah berbicara dengan Presiden Rwanda Paul Kagame dalam pertemuan pada November akan membuka kedutaan di Kigali.

Rwanda, termasuk dalam 35 negara yang memutuskan abstain dalam sidang darurat Majelis Umum PBB terkait Yerusalem, Desember lalu.

Baca juga: Israel Berencana Bangun Jalur Kereta Api ke Arab Saudi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.