Kompas.com - 22/01/2018, 09:32 WIB
|
EditorVeronika Yasinta

NEW YORK, KOMPAS.com - Pintu ikon wisata di New York, Patung Liberty, tetap akan buka kembali pada Senin (22/1/2018), kendati pemerintah federal Amerika Serikat menutup semua layanan lembaga esensial.

Gubernur New York Andrew Cuomo menyatakan akan kembali membuka Patung Liberty untuk wisatawan dengan potensi pemasukan senilai 65.000 dolar AS atau Rp 867 juta per hari.

"Patung Liberty mengalami beberapa pekan penuh tekanan, tapi akan kembali bekerja besok," katanya dalam konferensi pers, Minggu (21/1/2018), seperti dilansir dari The New York Post.

Pulau tempat Patung Liberty berdiri akan tetap buka untuk bisnis, dengan pembayaran gaji pekerja federal dari anggaran pariwisata negara bagian.

Baca juga : AS Shutdown, Gedung Putih Salahkan Demokrat

"Ini adalah invetasi yang bagus, karena pendapatan yang masuk dari wisatawan akan lebih besar dibandingkan biaya untuk membuka wisata Patung Liberty," ujar Cuomo.

Namun, para turis yang telah merencanakan kunjungannya pada Minggu kemarin harus kecewa karena wisata di Patung Liberty tutup.

"Saya sama sekali tidak memahaminya. Mereka tidak menyetujui anggaran, tapi kemudian mereka tidak memiliki uang," kata turis dari Inggris, Jennifer Moon.

Baca juga : Senator Schumer: Trump yang Harus Disalahkan karena Shutdown

Saat pemerintah federal AS tutup pada 2013, perlu waktu sekitar 12 hari untuk membuka kembali Patung Liberty.

Namun, pemerintah New York tidak ingin mengulangi hal itu sehingga memilih opsi lain dengan membuka kembali Lady Liberty.

Seperti diketahui, pemerintah federal AS tutup pada Sabtu (20/1/2018) menyusul Partai Demokrat dan Partai Republik terus mengalami kebuntuan soal anggaran pemerintan 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.