Kompas.com - 15/01/2018, 14:40 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi tengah mempersiapkan sarana transportasi yang akan khusus mengantarkan guru perempuan menuju ke sekolah tempat mereka mengajar.

Fasilitas khusus ini diharapkan sudah akan dapat dimanfaatkan para guru perempuan dari seluruh penjuru Saudi mulai semester baru pada 21 Januari mendatang.

Dikutip dari Arab News, sebanyak 61 armada bus disiapkan untuk melayani 62 rute perjalanan yang telah ditetapkan Menteri Pendidikan Saudi pada Septermber 2017 lalu.

Untuk tahap awal, proyek ini diharapkan akan dapat melayani sebanyak 1.000 guru dari seluruh penjuru negeri.

Baca juga: Kini, Nepal Telah Berlakukan Bus Khusus Penumpang Wanita

Namun ke depan, dalam tiga setengah tahun ditargetkan sebanyak 6.000 guru perempuan dapat menikmati fasilitas bus khusus tersebut.

Saat ini pelayanan bus khusus akan difokuskan di kota Mekah, Madinah, Tabuk, Asir dan Jazan dengan 36 rute perjalanan yang berbeda dan melayani 64 sekolah.

Bagi guru perempuan yang ingin menggunakan fasilitas bus khusus ini harus mendaftar terlebih dahulu dan membayar biaya sebesar 500 riyal Saudi (sekitar Rp 1,7 juta) per bulan.

Pelaksanaan proyek akan dijalankan oleh badan eksekutif Kementerian Pendidikan untuk transportasi sekolah, Tatweer Educational Transportation Services Co. (TTC).

TTC telah menunjuk tiga kontraktor sekitar tiga tahun lalu yang akan menjadi penyedia armada bus dengan spesifikasi terbaik.

Pelayanan ini juga dilengkapi pantauan melalui aplikasi ponsel pintar yang dapat melihat data kecepatan bus, lokasi, rute dan lama perjalanan.

Juga dapat memantau kemacetan melalui kamera yang terpasang di depan masing-masing bus.

Baca juga: Perusahaan Bus di Mesir Luncurkan Armada Khusus Perempuan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Arab News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.