Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Jatuhnya Bus dari Tebing di Peru Bertambah Jadi 48 Orang

Kompas.com - 03/01/2018, 11:43 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


LIMA, KOMPAS.com - Jumlah korban tewas dalam insiden kecelakaan bus yang jatuh dari tebing di Peru, bertambah menjadi 48 orang.

Dilansir dari AFP, Rabu (3/1/2018), kementerian dalam negeri Peru sebelumnya menyebutkan korban tewas mencapai 25 orang, kemudian laporan terakhir mencatatkan 36 orang tewas.

Bus jatuh dari tebing di jalan sempit dekat pantai pada Selasa (3/1/2018) di Pasamayo, sekitar 70 km dari Lima, Peru.

Associated Press mewartakan bus melewati jalan raya sempit yang dikenal sebagai "belokan iblis" dengan membawa 57 penumpang menuju Lima.

Baca juga : Bus Jatuh dari Tebing Ketinggian 80 Meter di Peru, 36 Tewas

Jalan raya "belokan iblis" memiliki bentuk yang sempit dan sering diselimuti kabut. Belokan di sepanjang jalan tebing itu menyebabkan banyak kecelakaan.

Sebelum jatuh menuruni lereng, bus ditabrak truk trailer. Bus berwarna itu berakhir di tepi pantai. Tubuh penumpang yang tidak bernyawa berada di antara bebatuan.

Menteri Perhubungan Peru, Bruno Giuffra, menyatakan dugaan awal mengindikasikan kedua kendaraan tersebut berada dalam kecepatan tinggi saat terjadinya tubrukan.

Baca juga : Pengampunan terhadap Diktator Peru Picu Aksi Protes Massal

Pengamat transportasi di Peru, Miguel Sidia, mengatakan kondisi jalan di Peru telah membaik dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, kurangnya pelatihan bagi pengemudi dan sedikitnya penegakan aturan di jalan masih menelan banyak korban jiwa setiap tahunnya.

"Sebagai orang Peru, kecelakaan ini sangat memalukan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com