Kompas.com - 27/12/2017, 11:31 WIB
EditorVeronika Yasinta


LIMA, KOMPAS.com - Presiden Peru Pablo Kuczynski memberikan pengampunan kepada bekas diktator Alberto Fujimori dan tujuh tahanan lainnya pada hari Minggu (24/12/2017) dengan alasan kemanusiaan.

Mantan presiden Peru Alberto Fujimori sejak beberapa waktu terakhir mendapat perawatan intensif karena kondisi kesehatannya memburuk.

Tindakan pengampunan terhadap Fujimori memicu aksi protes luas di ibukota Lima, Peru, sejak Senin (25/12/2017). Ribuan orang berdemonstrasi menentang pengampunan itu. Selama kampanye pemilu presiden, Kucynski memang pernah berjanji tidak akan membebaskan Fujimori.

Baca juga : Peru Kembali Usir Dua Duta Besar Korea Utara

"Fujimori, pembunuh dan pencuri, tidak untuk pengampunan!" itulah slogan-slogan yang dibawa para pemrotes sambil membawa bendera raksasa Peru, seperti dilansir dari Deutsche Welle.

"Kami berada di sini sebagai saudara untuk menolak pengampunan ilegal ini, karena tidak sesuai dengan beratnya kejahatan," kata Gisella Ortiz, perwakilan dari sekelompok keluarga korban dari rejim Fujimori, kepada wartawan.

Alasan kesehatan

Polisi anti-huruhara dalam jumlah besar dikerahkan di jalan-jalan utama Lima untuk menghadang demonstran yang ingin merangsek ke klinik di mana Fujimori dirawat. Polisi menembakkan tabung gas air mata dan membangun barikade untuk membubarkan kumpulan demonstran.

Baca juga : Sejumlah Gadis Peru Menikahi Pohon, Apa yang Terjadi?

Hari Senin malam (25/12/2017), Kuczynski membela keputusannya untuk memaafkan Fujimori.

"Saya yakin bahwa orang-orang yang merasa demokratis seharusnya tidak membiarkan Alberto Fujimori meninggal di penjara, karena keadilan bukanlah balas dendam," kata Kuczynski.

"Ini tentang kesehatan dan kemungkinan hidup mantan presiden Peru, setelah melakukan ekses dan kesalahan berat, sudah dijatuhi hukuman dan telah menjalaninya selama 12 tahun di penjara", katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.