106 Ekor Rusa Kutub Mati Tertabrak Kereta Barang di Norwegia - Kompas.com

106 Ekor Rusa Kutub Mati Tertabrak Kereta Barang di Norwegia

Kompas.com - 27/11/2017, 20:50 WIB
Rusa kutub.thelocal.no Rusa kutub.

OSLO, KOMPAS.com - Lebih dari 100 ekor rusa kutub yang sedang bermigrasi mati ditabrak kereta api barang selama tiga hari berturut-turut di wilayah utara Norwegia.

Peternak rusa kutub Torstein Appfjell mengatakan, dia amat marah setelah kehilangan 106 hewan peliharaannya sejak 23 November lalu di wilayah Helgeland.

Torstein, yang mewakili empat keluarga yang menjaga sekitar 2.000 ekor rusa di kawasan itu, kehilangan sebanyak 65 hewan dalam insiden terburuk tersebut.

Ratusan rusa kutub itu mati tertabrak ketika menyeberangi sebuah perlintasan kereta api yang melalui rute migrasi menuju pesisir di saat musim dingin tiba.

Baca juga : Pemburu Tewas Diseruduk Rusa Jantan di Hutan Perancis

Torstein kepada Associated Press mengatakan, jumlah rusa kutub yang mati ini tak diperkirakan. Dia menambahkan, tahun lalu sebanyak 250 rusa mati tertabrak dalam periode 12 bulan.

"Ini adalah tragedi bagi saya dan tiga orang peternak lainnya, kata Torstein kepada media Norwegia.

"Saya berada di lokasi pada Sabtu malam lalu dan pemandangannya sangat mengerikan," tambah dia.

"Rusa kutb adalah hewan istimewa bagi kami. Mereka amat berarti bagi kami dan hewan-hewan ini juga menjadi dasar eksistensi kami," Torstein menegaskan.

Sementara itu perusaahaan kereta api Bane Nor mengatakan, sistem peringatan dini terkait keberadaan rusa kutub di perlintasan kereta api gagal diterima masinis akibat masalah teknis.

"Saat kami ketahui pesan itu hilang, mereka mencoba menghubungi masinis. Sayang sekali peringatan kami terlambat," kata direktur area Bane Nor, Thor Braekkan.

Baca juga : Rusa Putih Besar Jadi Perbincangan di Internet, Apa Istimewanya?


EditorErvan Hardoko
SumberTelegraph
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X