Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Paramaribo Gelar Peringatan HUT RI Ke-72 di Guyana

Kompas.com - 17/10/2017, 20:10 WIB

PARAMARIBO, KOMPAS.com - Guyana, negara Karibia yang menjadi tetangga Suriname, tahun ini menjadi lokasi peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-72.

Peringatan itu digelar pada 14 Oktober 2017 di Guyana yang merupakan negara yang juga menjadi cakupan tugas KBRI Paramaribo, Suriname.

Dalam acara yang dihadiri Presiden Guyana Brigjen David Granger dan Ibu Negara Sandra Granger serta Menlu Carl Greenidge disuguhi atraksi tari Pendet asal Bali.

Dalam sambutannya, Presiden Granger mengatakan, dirinya amat menghargai perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Baca: Ketika Nasi Liwet di Atas Daun Pisang Tersaji di Suriname

Granger menambahkan, dia amat mengagumi sosok Presiden Sukarno yang menggagas Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955 karena memberi inspirasi kemerdekaan bagi negara-negara berkembang.

"Kami berharap di masa depan berbagai kerja sama bisa dikembangkan khususnya di bidang pendidikan, kehutanan, dan perubahan iklim," kata Presiden Granger.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Suriname D Supratikto mengucapkan terima kasih  atas penghargaan pemerintah Guyana untuk KBRI Paramaribo terkait peringatan kemerdekaan Guyana ke-50.

Selain Tari Pendet, acara tersebut juga mementaskan tari Sparkling Surabaya dan tari Nandak Betawi.

Acara semakin meriah ketika para tamu mendapatkan suguhan musik keroncong. Grup Keroncong "Legiman Brothers" dari komunitas Jawa Suriname melantunkan beberapa lagu misalnya Rayuan Pulau Kelapa, Oh Beautiful Guyana dan Indonesia Pusaka.

Baca: Rombongan Warga Suriname Berwisata sambil Mengenang Jejak Leluhur di Indonesia

Presiden Guyana sangat terkesan dengan pelantunan Oh Beautiful Guyana dan mencertakan bahwa komposer lagu tersebut telah mendapatkan berbagai penghargaan internasional.

Melengkapi acara malam itu para tamu juga disuguhi berbagai makanan khas Indonesia seperti panada, sosis Solo, sate, rempeyek,  lapis legit, dan nasi goreng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com