Kompas.com - 04/09/2017, 15:45 WIB
|
EditorPascal S Bin Saju

CANBERRA, KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Australia, Malcolm Turnbull, bergabung dengan pemimpin dunia lainnya mengutuk uji coba senjata nuklir yang dilakukan Korea Utara (Korut) pada Minggu (3/9/2017).

Media Australia, ABC News, Senin (4/9/2017), melaporkan, Turnbull mengecam pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong Un, sebagai sosok yang jahat.

Turnbull juga menyatakan kekhawatirannya bahwa Semenanjung Korea untuk pertama kalinya sangat dekat dengan ancaman perang sejak gencatan senjata Perang Korea pada 1953.

PM berusia 62 itu kemudian mendesak China untuk berbuat lebih aktif untuk menghentikan ambisi nuklir Korut.

Walaupun jelas Pyonglah bukanlah “rezim boneka” Beijing, namun kenyataan menunjukan bagaimana Beijing memiliki pengaruh ekonomi yang sangat kuat terhadap rezim Kim Jong Un.

Baca: Menlu Inggris: Invasi Militer ke Pyongyang Bukan Perkara Gampang

“Uji Coba senjata nuklir ini adalah ujian bagi China. Kim Jong Un memilih untuk mengabaikan China dan China perlu bereaksi keras terhadap ini,” ucap Turnbull.

Ketika ditanya apakah China dapat menghentikan pasokan minyak ke Korut, Turnbull menyatakn tentu saja bisa dan akan menjadi hal yang luar biasa jika China bersedia melakukannya.

“Itu akan menambah tekanan ekonomi luar biasa bagi Pyongyang” Turnbull percaya China tidak menginginkan meletusnya perang mengingat hubungan tetangga kedua negara serta malapetaka yang akan terjadi terutama masalah pengungsi jika perang benar-benar terjadi.

Pada Minggu (3/9/2017), Korut mengumumkan keberhasilan menggelar uji coba bom hidrogen.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.