Al Qaeda Beraksi, 6 Pasukan Elite Anti-teroris Tewas - Kompas.com

Al Qaeda Beraksi, 6 Pasukan Elite Anti-teroris Tewas

Kompas.com - 03/08/2017, 09:26 WIB
Yaman. Yaman

ADEN, KOMPAS.com - Enam tentara pasukan anti- teroris yang baru dibentuk oleh otoritas Uni Emirat Arab tewas, sementara sejumlah lainnya hilang diculik. 

Kematian itu terjadi dalam sebuah serangan bom bunuh diri yang dilakukan teroris Al-Qaeda, Rabu (2/8/2017) di selatan Yaman.

Keterangan yang dilansir AFP ini mengutip penjelasan dari seorang pejabat militer Yaman, yang meminta namanya tak disebutkan.

Disebutkan, pengebom bunuh diri tersebut meledakkan kendaraannya di dekat para serdadu militer yang baru-baru ini dibentuk oleh pasukan Yaman, di Provinsi Shabwa.

Dua kendaraan milik pasukan anti-teroris dihancurkan dalam serangan tersebut.

Hal itu menyebabkan sejumlah korban cidera, namun jumlahnya belum diketahui. 

Sementara, ada tentara lain yang diculik oleh anggota Al-Qaeda yang melapisi aksi serangan bom bunuh diri tersebut.

Pejabat tersebut mengatakan,  para korban adalah anggota tim elite yang didirikan oleh Uni Emirat Arab.

Uni Emirat Arab adalah salah satu mitra utama dalam koalisi pimpinan-Arab Saudi yang melakukan intervensi di Yaman sejak tahun 2015, demi mendukung Presiden Abedrabbo Mansour Hadi melawan pemberontak Syiah Hutsi.

Kelompok Hutsi (al-??tsiyy?n), atau kadang juga ditulis Houthi adalah kelompok pemberontak Syiah Zaidiyah Jarudiyah yang beroperasi di Yaman. Kelompok ini didirikan sejak 1992.

Di sisi lain, teroris Al-Qaeda tetap aktif di Yaman selatan, di mana mereka telah mengeksploitasi celah keamanan yang tercipta akibat konflik antara pendukung Hadi dan pemberontak Hutsi.

Konflik di Yaman membuat pemberontak Hutsi dan pendukung Mantan Presiden Ali Abdullah Saleh melawan pasukan yang setia kepada Presiden Hadi, yang diakui secara internasional.

Perang tersebut telah menewaskan lebih dari 8.000 orang, kebanyakan warga sipil, dan melukai 44.500 orang.


EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X