Kompas.com - 14/07/2017, 19:57 WIB
|
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Hari ini rakyat Perancis merayakan "Bastille Day" untuk mengenang serangan terhadap penjara Bastille pada 14 Juli 1789 yang memicu Revolusi Perancis.

Penjara Bastille kala itu diserang para aktivis revolusioner dan tentara yang membangkang karena dianggap sebagai simbol pemerintahan tiran keluarga kerajaan Bourbon.

Serangan terhadap penjara Bastille itu menjadi puncak kekisruhan politik selama satu dekade yang menggulingkan monarki Perancis.

Pada musim panas 1789, suasana revolusi sudah amat terasa di Perancis. Sehingga Bernard-Rene Jordan de Launay, gubernur militer Bastille khawatir penjara itu akan menjadi sasaran.

Alhasil dia meminta bantuan yang dikabulkan pemerintah pada 12 Juli 1789 dengan mengirimkan 250 barel bubuk mesiu ke Bastille.

Baca: Hari Ini dalam Sejarah: Amerika Serikat Memproklamasikan Kemerdekaan

Dengan persediaan mesiu ini, De Launay menarik anak buahnya masuk ke dalam penjara sekaligus benteng itu dan mengangkat dua jembatannya.

Pada dini hari 14 Juli 1789, kerumunan orang bersenjata senapan, pedang, dan berbagai senjata rakitan mulai berkumpul di sekitar Penjara Bastille.

Pasukan De Launay pada awalnya bisa memukul mundur massa, tetapi jumlah warga yang mengepung Bastille kian bertambah.

Akhirnya, pasukan De Launay tak mampu lagi bertahan dan dia terpaksa mengibarkan bendera putih tanda menyerah.

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.