Kompas.com - 09/07/2017, 10:16 WIB
|
EditorErvan Hardoko

KAIRO, KOMPAS.com - Pemerintah Mesir pada Sabtu (8/7/2017) mendeportasi empat mahasiswa Al Azhar asal Indonesia yang ditahan sejak awal Juni lalu.

Keempat mahasiswa tersebut adalah Rifai Mujahidin al Haq asal Balikpapan, Adi  Kurniawan  asal  Bandung, Achmad Affandy Abdul Muis asal Lampung, dan Mufqi Al Banna.

Mereka dijadwalkan tiba di bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (9/7/2017) dengan menumpang pesawat Saudia Airlines.  

Keempat mahasiswa ini diamankan aparat keamanan Mesir di kota Samanud, sekitar 130 km arah utara kota Kairo, pada awal Juni lalu.

Baca: Mesir Menahan Empat Mahasiswa Al-Azhar Asal Indonesia

Kota Samanud adalah salah satu kota di Mesir yang berada di bawah pengawasan ketat aparat keamanan negara itu.   

Dalam keterangan pers KBRI Kairo yang diterima Kompas.com menyampaikan, pihak KBRI telah berusaha secara konprehensif melobi pemerintah Mesir, agar keempat mahasiswa Indonesia itu tetap bisa melanjutkan studinya di universitas Al Azhar.

Mesir yang menerapkan status darurat dalam tiga bulan terakhir ini. Kondisi itu memberi hak aparat keamanan untuk menciduk, menangkap, dan menahan warga negara Mesir maupun asing yang berdomisili di negara itu yang dicurigai mengancam keamanan negara.

Pemerintah menetapkan status darurat sejak 10 April lalu, menyusul serangan teroris atas Gereja St George di kota Tanta pada 9 April yang menewaskan 28 orang.

Kemudian serangan bom terhadap Gereja St Markus di Alexandria pada 9 April 2017 yang membawa korban tewas 17 orang.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.