Kompas.com - 26/06/2017, 08:31 WIB
EditorPascal S Bin Saju

MOSUL, KOMPAS.com - Pasukan Irak bergerak lebih jauh ke dalam kota Mosul, Minggu (25/6/2017), dalam perjuangan mereka merebut kembali kota itu dari militan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

Salah seorang komandan di Baghdad, mengatakan 65 sampai 70 persen kawasan Kota Tua di Mosul, Irak utara, telah dibebaskan.

Letnan Kolonel Salam al-Obeidi mengatakan, "kurang dari satu kilometer persegi lagi yang tersisa untuk direbut kembali."

Dia memperkirakan hanya "beberapa ratus" teroris ISIS yang masih bertahan di Kota Tua..

Baca: ISIS Ledakkan Masjid Nuri, Tempat Lahir Kekhalifahan Mereka di Mosul

Komandan lainnya, Letnan Jenderal Abdulwahab al-Saadim, memperkirakan, mereka akan menyelesaikan operasi tersebut dalam beberapa hari ini.

Pasukan Irak telah memimpin pertarungan untuk merebut kembali Mosul, yang dikuasai ISIS sejak 2014.

Koalisi internasional yang dipimpin Amerik Serikat (AS) telah menyediakan dukungan udara dan darat. 

Perjuangan untuk merebut Mosul secara penuh sebelum Idul Fitri 1438 Hijriah gagal karena masih kuatnya perlawanan ISIS dari kawasan Kota Tua, meski bagian lain kota sudah dikuasai militer Irak.

Baca: Peledakan Masjid Tua Mosul, Tanda Deklarasi Kekalahan ISIS

Mosul telah dijadikan sebagai ibu kota "kekhalifahan" ISIS sejak 2014, tak lama setelah pemimpin kelompok tersebut, Abu Bakar al-Baghdadi, mengumumpkan dirinya sebagai "khalifah" di Masjid Nuri (al-Nuri).

Namun, masjid tersebut bersana menaranya yang terkenal, Hadba (al-Hadba), dihancurkan ISIS pekan lalu, yang oleh AS dan Irak menyebutnya sebagai simbol kekalahan kelompok teror ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.