Kompas.com - 02/05/2017, 15:11 WIB
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Mungkin sebagian dari Anda pernah mendengar atau membaca misteri monster Loch Ness di Skotlandia.

Meski misteri monster danau ini sudah muncul kira-kira sejak 1.500 tahun lalu, tetapi monster yang kemudian dijuluki Nessie itu baru mendunia pada dekade 1930-an.

Pada 2 Mei 1933, harian Inverness Courier memuat pengakuan pasangan setempat yang menklaim menyaksikan seekor hewan besar bergerak di air dengan lehernya mencuat ke permukaan.

Kisah monster, istilah yang digunakan Inverness Courier, itu kemudian menjadi fenomena media.

Bahkan, koran-koran besar di London mengirimkan jurnalisnya ke Skotlandia dan sebuah sirkus menawarkan yang 20.000 poundsterling bagi siapa saja yang bisa menangkap hewan itu.

Loch Ness, yang terletak di dataran tinggi Skotlandia, merupakan danau air tawar terbesar di Britania Raya.

Danau ini memiliki  kedalaman lebih dari 240 meter dan panjang sekitar 37 kilometer.

Para pakar sebenarnya telah menemukan banyak referensi soal "Nessie" dalam sejarah Skotlandia hingga sekitar 500 Masehi.

Saat itu, suku lokal Picts mengukir sebuah sosok makhluk air yang aneh di sebuah batu di dekat Loch Ness.

Namun, referensi tertulis pertama tentang monster Loch Ness ditemukan dalam biografi Santo Columba, misionaris Irlandia yang membawa agama Kristen ke Skotlandia.

Dalam biografi yang ditulis pada abad ketujuh itu diungkapkan bahwa pada 565, Columba sedang dalam perjalanan untuk menghadap raja suku Picts dekat kota Inverness.

Dalam perjalanan Columba singgah di Loch Ness tempat dia menghadapi seekor binatang buas yang telah membunuh beberapa orang di sekitar danau itu.

Saat menghadapi hewan itu, Columba menyebut nama Tuhan dan memerintahkan hewan itu kembali ke asalnya. Menurut kisah tersebut, monster Loch Ness langsung mundur dan tak pernah lagi memangsa manusia.

Kisah monster itu seakah terlupakan hingga pada 1933 ketika jalan aspal baru selesai dibangun di sekitar danau Loch Ness.

Jalan baru tersebut memungkinkan orang dengan mudah berkunjung ke tempat itu dan menyaksikan keindahan alam di sekitar danau.

Puncaknya ketika harian Inverness Courier memuat pengakuan warga yang menyaksikan monster Loch Ness.

Warga itu menyebut, bertemu Nessie saat hewan itu menyeberang jalan sebelum masuk lagi ke dalam danau.

Berita koran kecil itu seakan menjadi pemicu berbondong-bondongnya jurnalis London datang ke Skotlandia hanya itu mencari monster itu.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.