Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasutri Inggris Sekap dan Perkosa Perempuan Difabel Selama 8 Tahun

Kompas.com - 05/04/2017, 15:40 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pasangan suami istri yang menyekap dan menjadikan seorang perempuan difabel budak seks selama delapan tahun dijatuhi hukuman penjara.

Keith dan Caroline Baker menyekap korban mereka di sebuah ruangan kumuh tanpa karpet, bola lampu, seprai atau tirai, selama delapan tahun.

Polisi menyelamatkan perempuan malang itu dari sebuah rumah di Craigavon, County Armagh, Irlandia Utara pada 2012.

Perempuan yang menderita gangguan mental itu ditemukan dalam keadaan sangat kurus dan tinggal hanya satu gigi yang tersisa di mulutnya. Saat ditemukan, berat badannya hanya 38 kilogram.

Saat menjatuhkan hukuman 15 tahun penjara kepada Keith Baker, Hakim Patrick Lynch menggambarkan lelaki 61 tahun itu sebagai monster seksual yang menyalahgunakan istrinya sebagai "pion yang mematuhi perintahnya".

Pasangan ini di persidangan bulan lalu mengaku bersalah atas semua dakwaan, termasuk pemaksaan seksual terhadap seorang perempuan yang menderita gangguan mental.

Keith Baker juga didakwa melakukan perkosaan dan serangan tidak senonoh. Sementara pengadilan memutuskan Caroline Baker (54) mendapatkan hukuman tiga tahun penjara.

"Tidak mudah untuk memahami bagaimana orang-orang ini telah kehilangan kompas moral begitu rupa, sehingga bisa menjadikan seorang individu, yang jelas menderita gangguan mental yang serius, sebagai sasaran penganiayaan seksual dan merampas martabatnya," kata hakim.

Tempat penyekapan digambarkan sebagai "rumah horor", dan sang korban disekap dalam sebuah ruangan dengan pintunya yang sudah dicopot gagangnya.

Satu-satunya toilet yang ada di dalam ruangan itu sangat kotor dan dipenuhi kotoran manusia.

Pasangan ini menculik perempuan tersebut dari rumahnya di Inggris pada 2004, dan ia dilaporkan hilang oleh suaminya.

Dia ditemukan polisi di Irlandia Utara delapan tahun kemudian setelah mendapat laporan dari seorang perempuan bernama Mandy Highfield.

Mandy Highfield juga hidup dengan Keith Baker dan merupakan ibu dari empat anak Baker.

Ketika polisi menggeledah rumah itu, ditemukan berbagai video yang menunjukkan bagaimana suami isteri Baker menganiaya korban mereka secara seksual.

Polisi menyebut, penganiayaan terhadap perempuan itu difilmkan untuk tujuan kepuasan seksual para pelaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com