Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Angkat Kaki dari Kuala Lumpur, Dubes Korut Serang Malaysia

Kompas.com - 06/03/2017, 17:46 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia Kang Chol, dibatas akhir keberadaannya di Negeri Jiran, kembali menyerang otoritas penegak hukum Pemerintah Kerajaan Malaysia. 

Dia menyebut proses penyidikan kasus pembunuhan kakak Pemimpin Korea Utara Kom Jong Un, Kim Jong Nam, berlangsung bias.

Pernyataan itu dilontarkan Chol saat berada di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Senin (3/6/2017).

Seperti diberitakan AFP, Chol mengatakan, Kepolisian Malaysia telah menyasar target tertentu, sebelum proses penyidikan rampung.

"Mereka melakukan otopsi tanpa persetujuan dan kehadiran perwakilan Kedutaan Korea Utara, kemudian warga Korut ditangkap tanpa bukti yang jelas," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kerajaan Malaysia, Sabtu lalu mengusir Kang Chol. Dia sudah harus meninggalkan Malaysia paling lama dalam waktu 48 jam, dengan status persona non grata.

Sebutan tersebut adalah status paling buruk untuk diplomat yang tidak disenangi atau paling tidak disukai oleh suatu negara sahabat.

Malaysia mengambil langkah tegas setelah tiga pekan dari pembunuhan Jong Nam dengan gas beracun atau racun syaraf yang paling mematikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com