Kompas.com - 24/11/2016, 18:00 WIB
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemerintah Korea Utara berambisi untuk mengulangi sukses mereka di Piala Dunia 1966 dengan menelurkan pemain sepak bola yang lebih hebat dari Lionel Messi.

Setengah abad lalu, Korea Utara yang tak dikenal dalam jagat sepak bola mengejutkan dunia setelah lolos ke perempat final Piala Dunia.

Dalam perjalanan menuji perempat final, Korea Utara tercatat mengalahkan salah satu negara raksasa sepak bola, Italia.

Di babak perempat final, Korea Utara harus mengakui keunggulan Portugal yang saat itu diperkuat sang legenda, Eusebio.

Namun, sejak itu, sepak bola Korea Utara belum menorehkan banyak prestasi dan kalah bersaing dengan saudara sekaligus seteru abadinya, Korea Selatan.

Sehingga, pemerintah Korea Utara kini membuat rencana yang diharapkan bisa menghasilkan bintang lapangan hijau yang jauh lebih hebat dari Lionel Messi.

Diawasi langsung sang pemimpin Kim Jong Un, ambisi ini menjadi salah satu prioritas utama negeri itu.

Bahkan pemerintah tak segan mengucurkan anggaran besar untuk membangun fasilitas baru demi mengasah para pemain muda berbakat.

"Kami melatih para pemuda agar menjadi pemain hebat, jauh lebih hebat dari Lionel Messi," kata Yu He, pelatih di Akademi Sepak Bola Internasional Pyongyang.

"Saat ini, kami harus terlebih dahulu mendominasi Asia dan di waktu dekat, kami harap kami bisa mendominasi dunia," tambah He.

Namun, untuk mewujudkan cita-cita ini bukan hal yang mudah. Sebab, saat ini Korea Utara berada di peringkat 126 FIFA di antara Armenia dan Etiopia.

Korea Utara terakhir kali lolos ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan mereka kalah di semua pertandingan grup.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Marca


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.