Kompas.com - 08/11/2016, 18:44 WIB
EditorErvan Hardoko

BASHIQA, KOMPAS.com - Seorang pejabat keamanan Irak, Selasa (8/11/2016), mengatakan, pasukan Peshmerga Kurdi berhasil merebut kota Bashiqa dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Direbutnya kota Bashiqa menjadi salah satu langkah akhir untuk mengamankan sisi timur kota Mosul yang masih dikuasai ISIS.

Serangan terhadap kota Bashiqa digelar pasukan Peshmerga pada Senin kemarin. Peshmerga mengepung kota itu dari tiga penjuru sebagai bagian dari operasi militer merebut Mosul.

Jabbar Yawar, sekretaris jenderal kementerian regional Kurdi yang bertanggung jawab atas Peshmerga, mengatakan, kota itu sudah sepenuhnya dikuasai pasukan Kurdi.

Seorang jurnalis AFP yang berada di luar kota Bashiqa melihat tiga serangan udara menghantam kota itu dan mendengar suara baku tembak dari dalam kota.

Selain itu juga terdengar suara ledakan yang oleh pasukan Peshmerga disebut merupakan aksi pengebom bunuh diri.

"Ada bagian kota yang dipertahankan pengebom bunuh diri dan sniper," kata Kolonel Dilshad Mawlud, juru bicara Peshmerga.

"Hari ini kami melakuan operas pembersihan dari rumah ke rumah. Para anggota Daesh kabur melalui terowongan bawah tanah," tambah Mawlud menggunakan istilah bahasa Arab untuk ISIS.

Operasi untuk merebut Mosul digelar sejak 17 Oktober lalu dengan pasukan Irak yang bergerak menjepit kota itu dasri arah utara, timur dan selatan.

Pasukan khusus Irak bahkan sudah mulai bertempur di dalam sisi timur kota Mosul, sementara pasukan besar mendekat dari arah utara.

Namun, pasukan yang bergerak dari sisi selatan, akibat jarak yang terlalu jauh, belum tiba di pinggiran kota Mosul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.