Kompas.com - 01/10/2016, 18:57 WIB
EditorErvan Hardoko

RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi dikabarkan segera menaikkan tarif visa bagi umat Islam yang berencana untuk menunaikan ibadah haji untuk kali kedua dan seterusnya.

Dewan Menteri yang dipimpin putra mahkota Pangeran Muhammad bin Naif mengumumkan, bagi umat Islam yang berencana berhaji untuk kedua kalinya maka akan dikenakan visa sebesar 2.000 riyal atau sekitar Rp 6,9 juta.

Harga yang sama diberlakukan untuk visa umrah untuk kedua kalinya. Sementara bagi mereka yang baru pertama kali menunaikan ibadah haji, pemerintah Saudi tetap menggratiskan visa.

Sementara itu, visa untuk kunjungan umum ke Arab Saudi akan naik menjadi 200 riyal atau Rp 695.000 dan berlaku dua bulan. Sedangkan visa tiga bulan dihargai 300 riyal atau sekitar Rp 1 juta.

Harian The Saudi Gazette mengabarkan, tarif baru visa ini mulai berlaku pada Minggu (2/10/2016).

Pemerintah Saudi menerapkan kuota haji yang ketat setiap tahun agar jumlah jemaah haji yang memasuki kota Mekah dan Madinah tak terlalu membludak di saat bersamaan.

Aturan harga visa baru ini dilakukan di saat Arab Saudi untuk menambal keuangannya yang mengalami kemerosotan  mengalami masalah keuangan akibat terus turunnya harga minyak dunia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.