Kompas.com - 20/09/2016, 18:59 WIB
EditorErvan Hardoko

ABU DHABI, KOMPAS.com - Seorang perempuan warga Uni Emirat Arab (UEA) tengah mengajukan izin ke pengadilan untuk menjalani operasi penggantian kelamin.

Jika permohonan ini dikabulkan maka perempuan itu akan menjadi orang pertama di UEA yang menjalankan operasi ganti kelamin.

Permohonan ini sudah dimasukkan ke sebuah pengadilan di ibu kota Abu Dhabi setelah sebuah perubahan undang-undang yang melegalkan pembedahan kelamin efektif berlaku awal bulan ini.

Kuasa hukum perempuan berusia 29 tahun itu, Ali al-Mansouri mengatakan, kliennya selalu merasa dirinya bukanlah seorang perempuan seperti yang diketahui selama ini.

"Sejak dia berusia tiga tahun, klien saya selalu merasa dirinya adalah seorang laki-laki," kata Ali seperti dikutip Gulf News.

"Dia memiliki keinginan kuat mendapatkan tubuh pria dan diterima sebagai pria serta merasa identitas dia sebenarnya adalah seorang pria," tambah Ali.

Ali menambahkan, kliennya selama ini mengalami depresi, kecemasan dan tekanan karena selalu merasa dirinya bukan seorang perempuan.

"Dia sudah menjalankan terapi fisik dan psikologis sejak 2012 dan sebuah komisi medis sudah merekomendasikan agar dia menjalani operasi ganti kelamin," lanjut dia.

Pengadilan Abu Dhabi mengatakan, akan membahas masalah ini pada 28 September mendatang.

Undang-undang baru yang efektif berlaku awal bulan ini mengizinkan operasi ganti kelamin dengan alasan medis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.