Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Siap Bangun 16 Reaktor Nuklir di Arab Saudi

Kompas.com - 06/09/2016, 19:49 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Perusahaan Energi Atom Rusia (Rosatom) menawarkan untuk membantun 16 pembangkit listrik tenaga nuklir untuk Arab Saudi.

Menurut Yury Ushakov, penasihat Presiden Vladimir Putin, proyek itu akan bernilai 100 miliar dolar AS atau Rp 1.300 triliun dan akan rampung pada 2030.

"Perusahaan kami, yang memiliki teknologi paling maju, siap untuk bergabung dalam proyek pembangunan 16 pembangkit listrik tenaga nuklir di Arab Saudi," kata Ushakov, Selasa (6/9/2016).

Ushakov menambahkan, terdapat potensi besar kerja sama Rusia dan Arab Saudi dalam hal pengembangan energi nuklir.

"Kesepakatan antara kedya negara terkait kerja sama antara Rosatom dan Kota Sains dan Teknologi  Raja Abdulaziz (KACST), yang diteken pada Juni 2015, sedang diimplementasikan," tambah Ushakov.

Tahun lalu, kedua negara menandatangani kesepakatan terkait pengembangan energi nuklir untuk tujuan damai.

"Kami sudah membentuk komite kerja bersama dan sudah menggelar pertemuan pertama," Ushakov menegaskan.

Rosatom yang dibentuk pada 2007 kini sedang membangun lebih dari sepertiga reaktor nuklir di seluruh dunia. Pada 2012, Rosatom menerima pesanan dari luar negeri dengan nilai mencapai 28,9 miliar dolar AS berupa pembangunan reaktor, produksi uranium, ekspor bahan bakar dan kegiatan lainya.

Beberapa negara yang bekerja sama dengan Rosatom antara lain Iran, India, Vietnam, Banglades, Jordania, Mesir, Finlandia, dan China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com