Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Russian Mosquito Festival", Makin Banyak Nyamuk Mengigit, Makin Bagus

Kompas.com - 15/08/2016, 07:30 WIB

BEREZNIKI, KOMPAS.com - Ketika ketakutan terhadap viruszika yang dibawa oleh nyamuk menghantui dunia, dan menyebabkan banyak orang menjauh dari ajang akbar olahraga dunia Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil, tidak demikian di Rusia.

Baca: Brasil Tepis Isu Virus Zika di Olimpiade Rio 2016

Para warga di sebuah kota di Rusia, Barezniki menggelar festival terkait nyamuk. Makin banyak nyamuk yang mengigit tubuh, maka hal itu semakin bagus.

Pada akhir pekan kemarin, seperti diberitakan Associated Press, digelar ajang bertajuk "Russian Mosquito Festival". 

Dalam acara ini, seorang bocah berusia sembilan tahun, Irina Ilyukhina keluar menjadi pemenang kategori "tastiest girl", dengan 43 gigitan nyamuk.

Dia mendapat penghargaan berupa cangkir keramik sebagai pengakuan atas seluruh bekas gigitan nyamuk yang memenuhi kakinya.

Cuaca kering dan panas di kota yang berada di kawasan Pegunungan Ural yang menjadi batas antara benua Eropa dan Asia itu, telah menyusutkan jumlah nyamuk dalam festival tahun ini. 

Penyelenggara festival harus membatalkan perburuan nyamuk secara tradisional. Padahal, dalam momen itu biasanya para peserta berupaya mengumpulkan nyamuk sebanyak mungkin di dalam botol.

Udara panas pun menyebabkan Yana Solyarskaya yang mengenakan kostum nyamuk berkeringat deras, ketika dia harus memimpin para peserta festival menari di ajak tahunan keempat tersebut. 

Di Rusia nyaris tak terdeteksi penyebaran virus Zika, orang-orang yang terinfeksi pun diyakini mendapatkan virus itu dari penyebaran di luar negeri.

Baca: Vaksin Zika Mulai Diuji Coba pada Manusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com