Kompas.com - 05/08/2016, 16:10 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia akhirnya mengonfirmasi polemik yang selama ini beredar terkait simulator di kediaman pilot pesawat MH370 Zaharie Ahmad Shah.

Dalam berita yang dilansir Associated Press, Jumat (5/8/2016), disebutkan, Pemerintah Malaysia mengakui Zaharie memang berlatih terbang ke selatan Samudera Hindia, dengan piranti simulator tersebut.

Bagian selatan Samudera Hindia belakangan diduga kuat menjadi lokasi jatuhnya pesawat yang seharusnya terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Dugaan ini menyusul ditemukannya pecahan pesawat milik Malaysia Airlines di sana.

Pernyataan Pemerintah Malaysia ini merupakan perkembangan terbaru dalam rangkaian penyelidikan hilangnya pesawat yang membawa 239 penumpang dan kru pada Maret 2014 silam.

Bulan lalu, penyelidik Australia yang mengepalai pencarian pesawat tersebut mengungkapkan, bahwa pilot pemilik simulator berlatih terbang ke lokasi tersebut.

Informasi itu diperoleh dari data latihan yang telah dihapus, dan lalu dipulihkan dari piranti simulator tadi.

Namun, Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai, yang mengungkapkan pengakuan itu juga mengingatkan bahwa ada ribuan tujuan terbang dalam simulator tersebut.

Dia menegaskan, tidak ada bukti yang terkonformasi bahwa Zaharie sengaja terbang ke kawasan itu saat pesawat menghilang.

Baca: Seseorang Kendalikan MH370 Masuk ke Dalam Air

Penyelidik senior kecelakaan penerbangan dari Kanada, Larry Vance, meyakini bahwa kecelakaan udara Boeing 777 itu sengaja diarahkan ke air.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.