Kompas.com - 02/08/2016, 11:36 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com — Seorang bocah perempuan berusia dua tahun ini sangat luar biasa. Bagaimana tidak, pada usianya yang masih balita dia bisa menyebut nama ibu kota 196 negara.

Rakshita Kumar, nama anak balita itu, bahkan mampu menyebutkan nama ibu kota dari negara-negara yang jarang muncul di berbagai media massa.

Rakshita bisa menyebut dengan benar bahwa Astana adalah ibu kota Kazakhstan dan negeri tetangganya Uzbekistan beribu kota Tashkent.

Hebatnya, bocah ini juga mampu menyebut ibu kota negeri kecil Lesotho, yaitu Maseru dan ibu kota Mauritania, Nouakchott.

Kemampuan luar biasa ini diawali dalam sebuah penerbangan panjang selama 11 jam dari India menuju Inggris, Ramesh Kumar (33) dan Kavitha (30), ayah dan ibu anak balita ini, mencoba menyibukkan anak mereka agar tidak bosan.

Sepanjang perjalanan, mereka mengajarkan nama-nama berbagai ibu kota negara-negara besar di dunia, seperti India, Inggris, Amerika Serikat, dan beberapa negara lainnya.

Di luar dugaan kedua orangtuanya, Rakshita ternyata mampu menghafalkan nama-nama ibu kota itu. Setibanya di rumah, Ramesh kemudian membelikan buku berwarna berisi 30 nama ibu kota negara di dunia.

Hanya dalam sepekan, Rakshita bisa menyebutkan ke-30 nama ibu kota itu. Dalam tiga bulan, anak balita tersebut mampu mengingat 196 nama ibu kota negara.

Kini saat Kavitha, sang ibu, menyebutkan nama sebuah negara, Rakshita langsung menjawab dengan menyebutkan nama kota yang tepat.

Ramesh dan Kavitha berharap kehausan Rakshita akan ilmu pengetahuan bisa terus bertahan dan bertambah seiring usia bocah itu.

"Sejak dini, dia sudah tertarik dengan buku dan daya ingatnya sangat luar biasa," kata Ramesh soal putri kecilnya itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.