Kompas.com - 20/05/2016, 12:47 WIB
EditorPascal S Bin Saju

TAIPEI, KOMPAS.com -  Presiden baru Taiwan, Tsai Ing-wen, menyerukan perlunya "dialog yang positif" dengan China dalam pidato pelantiaknnya, Jumat (20/5/2016).

Nada damai yang begitu mencolok dalam pidato Tsai itu tentu saja karena ia ingin mengirim pesan untuk mengakhiri ketegangan dengan Beijing.

"Kedua belah pihak … harus menyingkirkan beban sejarah, dan terlibat dalam dialog yang positif, untuk kepentingan rakyat di kedua belah pihak," kata Tsai.

Hubungan dengan Beijing mendingin sejak Tsai, yang berasal dari Partai Progresif Demokratik,  memenangkan kursi kepresidenan pada pemilu 16 Januari lalu.

Partai pendukung Tsai ini dikenal sebagai partai pro kemerdekaan Taiwan yang ingin lepas dari pengaruh China.

Sementara Beijing mengharapkan presiden yang mengunsung konsep "satu China'', dengan menganggap Taiwan sebagai bagian dari teritorinya.

Kemenangan dan akhirnya pelantikan Tsai menjadi Presiden Taiwan menandakan berakhirnya upaya pemulihan hubungan selama delapan tahun dengan China di bawah presiden sebelumnya,  Ma Ying-jeou.

Tsai mengambil sumpah jabatannya di istana kepresidenan di Taipei, ibu kota Taiwan, setelah partainya menang telak dari Kuomintang pada pemilu 16 Januari lalu.

Dukungan publik atas Ma merosot karena pemilih Taiwan menilai ia terlalu dekat dengan Beijing.

Tsai dan Partai Progresif Demokratik tidak pernah mengakui konsep "satu China". Dalam pidatonya ia tidak menunjukkan tanda-tanda bergeser dari sikap teguhnya itu.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.